Selesai Lontar Jumrah, Menag Yaqut Apresiasi Petugas Haji: Semoga Jadi Pahala Tambahan

Selasa, 18 Juni 2024 - 12:54 WIB
loading...
Selesai Lontar Jumrah, Menag Yaqut Apresiasi Petugas Haji: Semoga Jadi Pahala Tambahan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melontar jumrah di Jamarat di sela kesibukannya memantau penyelenggaraan ibadah haji 2024, Senin (17/6/2024) malam waktu Arab Saudi. Foto andryanto wisnuwidodo/SINDOnews
A A A
MAKKAH - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melontar jumrah di Jamarat di sela kesibukannya memantau penyelenggaraan ibadah haji 2024, Senin (17/6/2024) malam waktu Arab Saudi atau Selasa (18/6/2024) dini hari WIB.

Gus Men -- sapaan akrabnya -- yang mengenakan seragam Petugas Haji Indonesia melontar jumrah bersama istrinya, Eny Retno Yaqut. Gus Yaqut juga didampingi Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki dan sejumlah petugas haji.

Saat berjalan di area Jamarat, langkah Gus Yaqut beberapa kali terhenti lantaran jemaah haji yang lewat mengajaknya berfoto. Gus Yaqut juga menyaksikan sejumlah petugas haji yang sedang berjaga pos melayani jemaah haji.

Dia pun memberikan apresiasi kepada mereka yang tetap siaga untuk melayani jemaah yang akan melempar jumrah.

"Saya ingin menyampaikan rasa senang dan kekaguman teman-teman petugas haji yang luar biasa, di saat padat seperti ini masih kelihatan semua petugas PPIH," ujar Gus Men.

Menurut Gus Men, semua pelayan para tamu Allah itu juga tampak selalu semangat dalam melaksanakan tugasnya selama Puncak Haji. Dia pun mendoakan agar petugas haji Indonesia mendapatkan pahala berlebih.

"Semua petugas pelayan jamaah haji bersikap sigap dan semangat, semoga itu jadi pahala tambahan selain haji," ucap Gus Yaqut.

Saat menyapa petugas, Gus Yaqut pun sempat menjadi tempat curhatan para petugas haji. Meskipun mendapatkan fitnah dalam melayani jemaah, ia meminta petugas haji untuk sabar.

"Banyak (petugas) yang curhat, panas, energi tersita tapi tidak tega kalau tidak melayani. Ada juga yang fitnah-fitnah keterlaluan, saya bilang ke teman-teman petugas untuk sabar saja," kata Gus Yaqut.

Usai melempar jumrah, Gus Yaqut juga menerima ajakan foto selfie bersama jemaah. Tidak hanya itu, ia juga sempat berjumpa dengan salah satu pelawak senior tanah air, Qomar '4 Sekawan'. Pelawak berusia 63 tahun itu tampak bahagia ketika bersalaman dan berfoto dengan Gus Yaqut.

Keduanya juga sempat melontarkan beberapa candaan. Tak lupa, Gus Yaqut juga menanyakan kesehatan pelawak yang mengidap kanker usus stadium empat tersebut.

"Sehat pak Qomar ya?" ujar Gus Men yang kemudian dijawab dengan anggukan kepala oleh Qomar.

Setelah berjumpa dengan Qomar, jamaah pun semakin banyak yang mendatangi Gus Men untuk berfoto bersama.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)
pixels