Asbabun Nuzul Surat Fussilat Ayat 44, Tentang Al Qur'an yang Diturunkan Menggunakan Bahasa Arab

Rabu, 26 Juni 2024 - 12:42 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Fussilat Ayat 44, Tentang Al Quran yang Diturunkan Menggunakan Bahasa Arab
Asbabun nuzul Surat Fussilat ayat 44 ini menjelaskan tentang mengapa Allah SWT menurunkan Al Quran hanya menggunakan bahasa arab saja tanpa ada bahasa lain. Foto ilustrasi/ist
A A A
Asbabun nuzul Surat Fussilat ayat 44 ini menjelaskan tentang mengapa Allah SWT menurunkan Al Quran hanya menggunakan bahasa arab saja tanpa ada bahasa lain.

Pada dasarnya Surat Fussilat ayat 44 ini menjelaskan tentang orang-orang yang durhaka tentang Al-Qur’an. Mereka telah menutup hati dari Al-Qur’an tidak mau mengerti dengan Al-Qur’an.

Dalam tafsir Surat Fussilat ayat 44, dijelaskan jika "Al-Qur’an yang Kami turunkan itu, Kami jadikan sebagai bacaan dalam bahasa selain bahasa Arab atau dalam bahasa Arab tetapi tidak jelas maknanya bagi orang-orang kafir itu, niscaya mereka mengatakan dengan nada mengecam, “Mengapa tidak dijelaskan dan diperinci apa maksud ayat-ayatnya?”

Kecaman orang-orang kafir itu dijawab Allah dalam Al-Qur’an sendiri, “Apakah patut Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa selain bahasa Arab, sedangkan rasul yang membawanya dan masyarakat yang ditujunya ketika itu adalah orang Arab yang berbahasa Arab? Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, ‘Al-Qur’an itu secara khusus adalah sebagai petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman."

Surat Fussilat Ayat 44

وَلَوْ جَعَلْنٰهُ قُرْاٰنًا اَعْجَمِيًّا لَّقَالُوْا لَوْلَا فُصِّلَتْ اٰيٰتُهٗۗ ءَا۬عْجَمِيٌّ وَّعَرَبِيٌّۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هُدًى وَّشِفَاۤءٌۗ وَالَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ فِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرٌ وَّهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًىۗ اُولٰۤىِٕكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَّكَانٍ ۢ بَعِيْدٍࣖ


walau ja‘alnahu qur'anan a‘jamiyyal laqalu lau la fushshilat ayatuh, a a‘jamiyyuw wa ‘arabiyy, qul huwa lilladzina amanu hudaw wa syifa', walladzîna lâ yu'minuna fi adzanihim waqruw wa huwa ‘alaihim ‘ama, ula'ika yunadauna mim makanim ba‘id

Artinya : "Seandainya Kami menjadikannya (Al-Qur’an) bacaan dalam bahasa selain Arab, niscaya mereka akan mengatakan, “Mengapa ayat-ayatnya tidak dijelaskan (dengan bahasa yang kami pahami)?” Apakah patut (Al-Qur’an) dalam bahasa selain bahasa Arab, sedangkan (rasul adalah) orang Arab? Katakanlah (Nabi Muhammad), “Al-Qur’an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman, sedangkan orang-orang yang tidak beriman, pada telinga mereka ada penyumbat dan mereka buta terhadapnya (Al-Qur’an). Mereka itu (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh."

Asbabun Nuzul Surat Fussilat Ayat 44

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Sa'id bin Jubair, dia mengatakan :

Orang-orang Quraisy berkata, "Seandainya Al Quran ini diturunkan dalam bahasa A'jamiyy (non-Arab) dan Arab. Maka Allah menurunkan ayat "Tentu mereka mengatakan, Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Allah menurunkan setelah ayat ini dengan bahasa Arab.

Ibnu Jarir mengatakan; pembacaan atas ayat ini adalah A'jamiyy dengan tanpa istifham.

Itulah penjelasan tentang asbabun nuzul surat Fussilat ayat 44 yang berkaitan dengan penyebab Al Quran turun henya menggunakan bahasa Arab.



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)
pixels