Tak Hanya di Jalur Gaza, Tidak Ada Tempat yang Aman bagi Warga Palestina di Tepi Barat

Minggu, 21 Juli 2024 - 07:14 WIB
loading...
Tak Hanya di Jalur Gaza,...
Kondisi Deir Sharaf setelah pemukim Yahudi dari pemukiman Einav di dekatnya menyerbu kota Tepi Barat pada tanggal 2 November 2023. Foto/Ilustrasi: AL Jazeera
A A A
Pada saat Jalur Gaza diserang Israel , wilayah Tepi Barat yang kurang mendapat sorotan dunia, ternyata tak kalah mencekam. Tidak ada tempat yang aman bagi warga Palestina di Tepi Barat. "Warga Palestina menghadapi pelecehan dan kekerasan di sebagian besar wilayah ini," demikian Al Jazeera melaporkan.

Pada bulan Februari, misalnya, pemukim Israel menyerang para penggembala Palestina di dekat Hebron, mengusir mereka dari padang rumput dan menggunakan drone untuk menakut-nakuti ternak mereka – yang menyebabkan keguguran dan bayi lahir mati selama musim beranak.

Ini hanyalah satu dari 561 insiden serangan pemukim Yahudi Israel terhadap warga Palestina yang dicatat oleh OCHA antara tanggal 7 Oktober dan 20 Februari.



Dalam insiden lain di bulan April, gerombolan pemukim menyerang Bukra, Deir Dibwan dan Kfar Malik – desa-desa yang berada di bawah kendali Otoritas Palestina di Wilayah A dan B – dengan merobohkan tenda-tenda tempat para pengungsi berlindung. Mereka mencuri kambing, dan memukuli warga sipil Palestina.

Selain itu, pasukan Israel telah melakukan banyak serangan di Tepi Barat sejak dimulainya perang di Gaza. Pada bulan November, rumah sakit dikepung dan beberapa orang tewas dalam serangan besar-besaran di Jenin. Hal ini diikuti oleh lebih banyak penggerebekan pada akhir bulan ini di Jenin dan tempat lain di Tepi Barat.

Pada akhir Desember, pasukan Israel melancarkan serangan semalam terkoordinasi di 10 kota di Tepi Barat termasuk Hebron, Halhul, Nablus, Jenin, Tulkarem, el-Bireh, Jericho dan Ramallah, markas administratif Otoritas Palestina. Penggerebekan itu berlanjut selama beberapa hari.

Pada bulan Januari, penggerebekan yang dilakukan oleh agen rahasia di sebuah rumah sakit di Jenin menewaskan tiga orang dan penggerebekan di seluruh Tepi Barat terus berlanjut secara berkala sejak saat itu. Pada bulan Juni, hampir 100 orang ditangkap setelah militer Israel menggunakan helikopter tempur dalam serangan besar-besaran ke kamp pengungsi Jenin, menewaskan lima orang.



“Tidak ada tempat di Tepi Barat yang aman [untuk dikunjungi orang],” kata Abbas. “Apakah itu Area A atau Area B, tidak masalah. Para pemukim Yahudi dan tentara Israel menyerang di mana-mana.”

Sejak Perjanjian Oslo tahun 1993, yang ditandatangani oleh pemimpin Palestina saat itu Yasser Arafat dengan Perdana Menteri Israel saat itu Yitzhak Rabin di halaman Gedung Putih, Tepi Barat telah dibagi menjadi tiga zona.

Area C ditempatkan di bawah kendali Israel, Area B berada di bawah kendali bersama Palestina-Israel, sedangkan Area A berada di bawah pemerintahan Otoritas Palestina (PA) yang didirikan pada tahun 1994.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)