Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Serangan Houthi dan Israel

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:15 WIB
loading...
Hal-Hal yang Perlu Diketahui...
Kebakaran akibat serangan udara Israel di kota pelabuhan Hodeidah Yaman pada 20 Juli 2024. Foto: Al Jazeera
A A A
Kelompok Houthi di Yaman menyerang Tel Aviv untuk pertama kalinya Jumat pekan lalu. Sementara sebagai balasan Israel merusak pelabuhan penting Hodeidah, dua hari kemudian.

Sejak November 2023, kelompok Houthi menguasai sebagian besar Yaman . Mereka telah menyerang kapal-kapal komersial dan militer yang terkait dengan Israel untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina . Mereka mengatakan akan terus melakukan serangan sampai ada gencatan senjata di Gaza . Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui tentang serangan Houthi dan Israel sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Siapakah kelompok Houthi?

Houthi, juga dikenal sebagai Ansarullah (pendukung Tuhan), adalah kelompok bersenjata yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kota, Sanaa, dan beberapa wilayah barat dan utara yang dekat dengan Arab Saudi.

Kelompok Houthi muncul pada tahun 1990-an namun menjadi terkenal pada tahun 2014, ketika kelompok tersebut memberontak melawan pemerintah Yaman, menyebabkan pemerintah mundur dan memicu krisis kemanusiaan yang melumpuhkan.



Kelompok ini kemudian menghabiskan waktu bertahun-tahun, dengan dukungan Iran, melawan koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi. Kedua pihak yang bertikai juga berulang kali berupaya mengadakan perundingan damai.

Namun, para analis mengatakan kelompok Syiah tidak boleh dilihat sebagai wakil Iran. Negara ini mempunyai basisnya sendiri, kepentingannya sendiri – dan ambisinya sendiri.

Apa yang terjadi di Tel Aviv?

Pada Jumat dini hari, sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh kelompok Yaman menghantam sebuah gedung di pusat Tel Aviv yang terletak sekitar 100 meter (330 kaki) dari kantor cabang Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Serangan tersebut menewaskan satu orang dan melukai 10 lainnya, membuat warga Israel putus asa karena Tel Aviv selama ini hampir tidak tersentuh dalam lusinan serangan sebelumnya yang dilakukan oleh Houthi dan kelompok Hizbullah, dari Lebanon.

Ini juga merupakan pertama kalinya serangan Houthi menyebabkan korban jiwa di Israel, dengan pesawat tak berawaknya menempuh jarak lebih dari 1.800 km (1.120 mil).



Militer Israel mengatakan mereka yakin drone tersebut adalah varian dari Samad-3 buatan Iran yang dimodifikasi untuk meningkatkan jangkauannya, kemungkinan melalui penurunan muatan bahan peledak untuk menampung lebih banyak bahan bakar.

Drone tersebut, yang juga diyakini telah digunakan dalam serangan Houthi sebelumnya terhadap Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, tidak melakukan perjalanan secara langsung, dan penilaian militer Israel menunjukkan bahwa drone tersebut melewati Mesir dan terbang ke Tel Aviv dari arah Laut Mediterania di ketinggian rendah.

Ini juga merupakan serangan pertama yang berhasil didokumentasikan oleh kelompok Houthi di Laut Mediterania, sebuah wilayah operasi yang mereka coba perluas sejak invasi darat Israel ke Rafah di Gaza selatan pada bulan Mei.

Kenapa 'Jaffa'?

Houthi menjuluki drone yang menyerang Tel Aviv sebagai “Jaffa”. Kota Jaffa, pusat komersial Palestina, diserang pada tahun 1948 oleh paramiliter Israel dan sejak itu ditelan oleh kota Tel Aviv.

Juru bicara Houthi, Jenderal Yahya Saree, menyebut Tel Aviv dengan nama Palestinanya, Jaffa, dalam pernyataannya saat mengumumkan serangan tersebut, menyatakan bahwa Tel Aviv adalah wilayah yang “diduduki” dan “daerah yang tidak aman”.

Militer Israel mengatakan “kesalahan manusia” menyebabkan drone tersebut dikira sebagai pesawat sahabat dan tidak ditembak jatuh, meskipun telah terdeteksi hingga enam menit sebelum dampaknya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2679 seconds (0.1#10.140)