Kisah Pemimpin Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Sahabat Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 26 Juli 2024 - 14:16 WIB
loading...
A A A
Mereka berkata, "Engkau berkata bohong." Mereka pun mencaci-makiku. Aku berkata kepada Rasulullah: "Wahai Rasulullah, bukankah aku telah jelaskan padamu bahwa mereka kaum yang pandai membuat kebohongan, berkhianat, berdusta, dan jahat?" Aku tetap memperlihatkan keislamanku dan keislaman keluargaku. Bibiku, Khalidah binti Al-Harts juga masuk Islam dan keislamannya bagus."

Penghuni Surga

Salah satu keistimewaan Abdullah bin Salam dijuluki sebagai penghuni surga yang berjalan di muka bumi oleh Rasulullah SAW. Dalam Hadis yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi, Ibnu Jarir, dan Ibnu Mardawaih dari 'Abdullah bin Salam sendiri. Ia menyatakan:

"Allah telah menurunkan ayat-ayat Al-Qur'an tentang diriku. Diturunkan tentang diriku ayat: wa syahida syahidun min Bani Israil 'ala mitslihi, dan ayat: Qul kafa billahi syahidan baini wa bainakum wa man 'indahu 'ilmul kitab." (HR at-Tirmidzi)

Pernyataan Abdullah bin Salam ini dikuatkan oleh Hadis Rasulullah SAW dari Sa'ad bin Abi Waqqas, ia berkata: "Aku belum pernah mendengar Rasulullah SAW mengatakan kepada seorang yang ada di muka bumi bahwa ia termasuk ahli surga kecuali kepada Abdullah bin Salam; dan berhubungan dengan dirinya turun ayat: "Wa syahida syahidun min bani Isra'ila 'ala mitslihi." (HR Al-Bukhari)

(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)