Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 1-4

Senin, 29 Juli 2024 - 20:22 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat Ibrahim...
Hukum tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Hukum Tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4 antara lain: Mad lazim harfi musyba’ mukhaffaf, Mad ashli, Alif lam, dan sebagainya. Berikut ini hukum tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4 dikutip dari laman Tahsin.

Tajwid surat Ibrahim ayat 1

الۤرٰ‌ ۚكِتٰبٌ اَنۡزَلۡنٰهُ اِلَيۡكَ لِـتُخۡرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوۡرِ  ۙ بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ اِلٰى صِرَاطِ الۡعَزِيۡزِ الۡحَمِيۡدِۙ

Alif-Laaam-Raa; Kitaabun anzalnaahu ilaika litukhrijan-naasa minaz zulumaati ilan nuuri bi-izni Rabbihim ilaa siraatil 'Aziizil Hamiid

1. Alif Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji.

الٓرٰ ۗ 

Nama hukum tajwid di atas adalah Mad lazim harfi musyba’ mukhaffaf, sebab ada huruf setelah mad tidak diidghamkan. Maksudnya bacaan diringankan (mukhaffa) akibat tidak terjadi proses idgham.

كِتٰبٌ

Nama tajwid di atas adalah mad thabi’i, alasannya sebab ada harakat fathah berdiri, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

بٌ اَ

Ini adalah idzhar halqi, sebab tanwin bertemu huruf alif.

اَنْزَلْ

Ini adalah tajwid ikhfa haqiqi, sebab nun sukun bertemu huruf zay.

زَلْنٰهُ

Nama tajwid di atas adalah mad ashli, sebab ada harakat fathah berdiri.

اِلَيْكَ

Ini adalah huruf lin atau harfu layin, sebab huruf ya disukun oleh huruf berharakat fathah.

Ghunnah di surat Ibrahim ayat 1

لِـتُخْرِجَ النَّا سَ

Pada kalimat di atas ada 3 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah, ghunnah dan mad thabi’i. Alif lam syamsiyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf syamsiyah yaitu Nun.

Ghunnah di surat Ibrahim ini terjadi sebab huruf nun ditasydid. Ketika dibaca, huruf nunnya harus didengungkan.

Mad thabi’i di surat Ibrahim pada kata diatas sebab huruf alif difathah. Panjang mad thabi’i adalah 1 alif atau 2 harakat.

مِنَ الظُّلُمٰتِ

Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ashli. Alif lam syamsiyah sebab alif lam bertemu huruf dzho, ketika dibaca huruf lamnya tidak tampak, tandanya ada tasydid di atas huruf sesudah lam.

اِلَى النُّوْرِ ۙ

Pada kalimat di atas ada 3 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah, ghunnah dan mad thabi’i. Alif lam syamsiyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf syamsiyah yaitu Nun. Ghunnah sebab huruf nun ditasydi, sedangkan mad thabi’i sebab huruf wawu didlommah.

Idzhar syafawi

بِاِ ذْنِ رَبِّهِمْ اِ

Pada kalimat diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu huruf ra dibaca tafkhim dan idzhar syafawi. Huruf ra dibaca tafkhim sebab berharakat fathah.

Idzhar syafawi di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab mim sukun bertemu huruf alif, ketika dibaca huruf mimnya tidak boleh dengung.

اِلٰى صِرَا طِ

Pada kalimat di atas nama hukum tajwidnya adalah mad thabi’i atau mad ashli, sebab ada harakat fathah berdiri dan huruf alif difathah.

Alif lam qomariyah

طِ الْعَزِيْزِ

Hukum tajwid di atas adalah alif lam qomariyah dan mad thabi’i. Alif lam qomariyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf qomariyah yaitu ‘ain. Sedangkan mad thabi’i sebab huruf ya dikasrah.

Mad ‘aridl lissukun

زِ الْحَمِيْدِ ۙ

Pada kalimat diatas nama tajwidnya adalah alif lam qomariyah dan mad ‘aridl lissukun. Mad ‘aridl lissukun di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab mad thabi’i (ya dikasrah) bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf. Panjang mad ‘aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Tajwid surat Ibrahim ayat 2

رۡضِ‌ؕ وَوَيۡلٌ لِّـلۡكٰفِرِيۡنَ مِنۡ عَذَابٍ شَدِيۡدِ

Allaahil lazii lahuu maa fis samaawaati wa maa fill ard; wa wailul lilkaafiriina min 'azaabin shadiid

2. Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Celakalah bagi orang yang ingkar kepada Tuhan karena siksaan yang sangat berat,

اللّٰهِ الَّذِيْ

Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu tafkhim dan mad thabi’i. Tafkhim/tebal di surat Ibrahim ayat 2 ini terjadi sebab Lam Jalalah didahului oleh fathah. Mad thabi’i sebab huruf ya dikasrah.

لَهٗ

Ini adalah mad shilah qashirah, sebab Ha dlomir berharakat dlommah terbalik, panjangnya adalah 1 alif.

مَا

Ini adalah mad thabi’i.

فِى السَّمٰوٰتِ

Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ashli. Alif lam syamsiyah terjadi sebab alif lam bertemu huruf sin. Mad ashli sebab ada harakat fathah berdiri.

وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ 

Pada kalimat diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu mad thabi’i dan alif lam qomariyah. Mad thabi’i sebab huruf alif difathah. Alif lam qomariyah sebab alif lam bertemu huruf ra.

وَوَيْلٌ

Ini adalah huruf lin, sebab huruf ya disukun oleh huruf berharakat fathah dan tidak waqaf.

لٌ لِّـلْ

Nama tajwid di atas adalah idgham bila ghunnah, sebab tanwin bertemu huruf lam.

لِّـلْكٰفِرِيْنَ

Nama tajwid di atas adalah mad ashli, sebab ada fathah berdiri dan huruf ya dikasrah.

مِنْ عَذَا

Pada kata di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu idzhar halqi dan mad thabi’i. Idzhar halqi terjadi sebab nun sukun bertemu huruf ‘ain.

بٍ شَدِيْدِ ۙ 

Pada kata di atas ada 2 hukum tajwid,yaitu ikhfa haqiqi dan mad ‘aridl lissukun. Ikhfa haqiqi terjadi sebab tanwin bertemu huruf syin. Mad ‘aridl lissukun terjadi sebab mad thabi’i (ya dikasrah) bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf.

Bacaan surat Ibrahim ayat 3 dan artinya


ٱلَّذِيْنَ يَسْتَحِبُّوْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا عَلَى الْاٰ خِرَةِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَيَبْغُوْنَهَا عِوَجًا ۗ اُولٰٓئِكَ فِيْ ضَلٰلٍۢ بَعِيْدٍ

allaziina yastahibbuunal-hayaatad-dun-yaa ‘alal-aakhiroti wa yashudduuna ‘ang sabiilillaahi wa yabghuunahaa ‘iwajaa, ulaaa-ika fii dholaalim ba’iid

“(yaitu) orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada (kehidupan) akhirat, dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan (jalan yang) bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.”

Mad thabi’i

ٱلَّذِيْنَ يَسْتَحِبُّوْنَ

Hukum tajwid pada kata di atas yaitu Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah dan wawu mati setelah dlommah. Panjang mad thabi’i yaitu 1 alif (dua harakat).

Hukum Alif Lam

Alif lam qomariyah dan Alif lam syamsiyah

الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا

Hukum tajwid pada kalimat di atas yaitu:

1. Alif lam qomariyah, sebab alif lam menghadapi huruf Ha, tandanya ada sukun.
2. Mad ashli (mad thabi’i), sebab fathah berdiri diatas huruf dan huruf alif mati setelah fathah.
3. Alif lam syamsiyah, sebab alif lam menghadapi huruf Dal, tandanya ada tasydid. Cara membaca alif lam syamsiyah yaitu huruf lam diidghamkan (dimasukkan) kedalam huruf yang ada didepannya, jadi bunyi huruf lam tidak tampak.
4. Nun mati menghadapi huruf Ya dibaca Idzhar (jelas) dalam kata Dun-ya.

Mad badal

عَلَى الْاٰ خِرَةِ

Hukum tajwid pada kata diatas yaitu:

1. Alif lam qomariyah, sebab alif lam menghadapi huruf Hamzah.
2. Mad badal, sebab berkumpulnya huruf Hamzah dengan huruf mad dalam satu kata (Alif fathah berdiri), panjang mad badal yaitu 1 alif (dua harakat).
3. Huruf Ra dibaca tafkhim (tebal), sebab berharakat fathah.

وَيَصُدُّوْنَ

Hukum tajwid pada kata diatas yaitu Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah.

Tarqiq

عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ

Hukum tajwid pada kata di atas yaitu:

1. Ikhfa Ausath (pertengahan), sebab nun mati menghadapi huruf Sin. Cara membaca ikhfa ausath adalah bacaan ikhfa dan ghunnahnya sama (sedang).
2. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah.
3. Tarqiq (tipis), sebab Lam Jalalah didahului oleh kasrah, lalu dibaca dengan panjang 1 alif.

Qolqolah Sughra

وَيَبْغُوْنَهَا

Hukum tajwid pada kata diatas yaitu:

1. Qolqolah sughra, sebab huruf qolqolah yaitu Ba sukun asli.
2. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah dan huruf alif mati setelah fathah.

Mad ‘iwadl

عِوَجًا ۗ 

Hukum tajwid pada kata diatas yaitu Mad ‘iwadl, sebab huruf alif tanwin fathah lalu bacaannya waqaf (berhenti). Panjang mad ‘iwadl yaitu 1 alif.

Mad wajib Muttashil

اُولٰٓئِكَ

Hukum tajwid pada kata diatas yaitu Mad wajib muttashil, sebab mad thabi’i (mad ashli) menghadapi huruf hamzah dalam 1 kata. Panjang mad wajib muttashil adalah 5 harakat (dua alif setengah).

Iqlab

فِيْ ضَلٰلٍۢ بَعِيْدٍ

Hukum tajwid pada kalimat diatas yaitu:

1. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah dan fathah berdiri diatas huruf Lam.

2. Iqlab, sebab tanwin kasrah menghadapi huruf Ba. Tandanya ada mim kecil, cara membaca Iqlab yaitu bunyi nun mati atau tanwin diganti menjadi mim lalu bacaannya didengungkan.

3. Mad ‘aridl lissukun, sebab mad thabi’i (Ya mati setelah kasrah) menghadapi huruf hidup lalu dibaca waqaf. Panjang mad ‘aridl lissukun adalah 2-6 harakat.

4. Qolqolah kubra (bila waqaf), sebab huruf qolqolah yaitu Dal sukun dikarenakan bacaannya waqaf (berhenti).
Demikianlah uraian hukum tajwid surat Ibrahim ayat 3 semoga bermanfaat.

Bacaan surat Ibrahim ayat 4 dan artinya

وَمَاۤ اَرْسَلْنَا مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا بِلِسَا نِ قَوْمِهٖ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ ۗ فَيُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَآءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَآءُ ۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

wa maaa arsalnaa mir rosuulin illaa bilisaani qoumihii liyubayyina lahum, fa yudhillullohu may yasyaaa-u wa yahdii may yasyaaa, wa huwal-‘aziizul-hakiim

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, agar dia dapat memberi penjelasan kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dia Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Ibrahim 14: Ayat 4).

Mad jaiz munfashil

وَمَاۤ اَرْسَلْنَا

Hukum tajwid pada kata diatas adalah:

1. Mad jaiz munfashil, sebab mad ashli (mad thabi’i), yaitu huruf Alif mati setelah fathah menghadapi huruf hamzah pada lain kata. Panjang mad jaiz munfashil antara 2-5 harakat.

2. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf alif mati setelah fathah. Panjang mad thabi’i yaitu 1 alif (dua harakat).

Idgham bila ghunnah

مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا بِلِسَا نِ

Hukum tajwid pada kalimat di atas adalah:

1. Idgham bila ghunnah (tidak dengung), sebab Nun mati menghadapi huruf Ra.
2. Huruf Ra dibaca tafkhim (tebal), sebab berharakat fathah.
3. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah dan huruf alif mati setelah fathah.
4. Idzhar halqi, sebab tanwin kasrah menghadapi huruf Hamzah.

Mad shilah qashirah

قَوْمِهٖ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ ۗ 

Hukum tajwid pada kalimat di atas adalah:

1. Huruf lin (harfu layin), sebab huruf Wawu mati setelah fathah.

2. Mad shilah qashirah, sebab Ha dlomir berharakat kasrah berdiri dan tidak menghadapi huruf mad dan tidak disambung ke huruf didepannya. Huruf sebelumnya berharakat. Panjang mad shilah qashirah adalah 1 alif (dua harakat).

Tafkhim

فَيُضِلُّ اللّٰهُ

Hukum tajwid pada kata di atas adalah Tafkhim (tebal), sebab Lam Jalalah didahului oleh dlommah lalu dibaca dengan panjang 1 alif.

Idgham bighunnah

مَنْ يَّشَآءُ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah:

1. Idgham bighunnah (idgham ma’al ghunnah), sebab Nun mati menghadapi huruf Ya, lalu bacaannya didengungkan.

2. Mad wajib muttashil, sebab mad thabi’i (Alif mati setelah fathah) menghadapi huruf hamzah dalam 1 kata. Panjang mad wajib muttashil adalah 5 harakat (dua alif setengah).

Mad thabi’i

وَيَهْدِيْ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah.

Mad wajib muttashil

مَنْ يَّشَآءُ ۗ 

Hukum tajwid pada kata di atas adalah:

1. Idgham bighunnah (idgham ma’al ghunnah), sebab nun mati menghadapi huruf Ya.

2. Mad wajib muttashil, sebab mad thabi’i (Alif mati setelah fathah) menghadapi huruf hamzah dalam 1 kata.

Alif lam Qomariyah

وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Hukum tajwid pada kalimat di atas adalah:

1. Alif lam qomariyah, sebab alif lam menghadapi huruf ‘Ain dan Ha, tandanya ada sukun.

2. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah.

3. Mad ‘aridl lissukun (bila dibaca waqaf), sebab mad thabi’i (Ya mati setelah kasrah) menghadapi huruf hidup lalu dibaca waqaf. Panjang mad ‘aridl lissukun adalah 2, 4 atau 6 harakat.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)