Profil Gus Kikin, Cicit KH Hasyim Asy’ari yang Ditunjuk Menjadi Ketua PWNU Jatim

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:11 WIB
loading...
Profil Gus Kikin, Cicit...
Ketua PWNU Jawa Timur KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin). Foto/Masdarul Khoiri/MPI
A A A
Profil Gus Kikin alias KH Abdul Hakim Mahfudz menjadi informasi yang banyak dicari belakangan ini. Ia baru saja terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk masa khidmat 2024-2029.

Penetapan Gus Kikin sebagai Ketua PWNU Jatim diputuskan pada Sidang Pleno V Konferwil NU Jatim di Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang, Sabtu (3/8/2024). Agenda tersebut dipimpin sejumlah jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Lantas, siapa sebenarnya sosok Gus Kikin ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Profil Gus Kikin

KH Abdul Hakim Mahfudz atau biasa dikenal Gus Kikin merupakan salah seorang ulama NU kenamaan. Ia juga diketahui sebagai pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (5/8/2024), Gus Kikin sebelumnya dipercaya sebagai pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang menggantikan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah yang wafat. Ia dinilai sebagai sosok pengganti yang tepat dalam meneruskan perjuangan Gus Sholah.

Melihat riwayatnya, Gus Kikin lahir di Jombang, 17 Agustus 1958. Ia adalah putra dari pasangan almarhum KH. Mahfudz Anwar dan Hj Abidah Ma'shum.

Pada latar belakangnya, Gus Kikin juga diketahui sebagai cicit pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. Hal ini didapat dari garis ibunya Abidah Ma'shum yang merupakan anak dari Nyai Hj Khoiriyah Hasyim, putri sulung Hasyim Asy'ari.

Sementara ayahnya, Mahfudz Anwar, adalah anak dari K.H. Anwar Alwi pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in Paculgowang, Jombang. Dari garis keturunan ini, Gus Kikin masih terhitung sebagai adik sepupu KH Anwar Manshur, pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo.

Sedangkan dalam kehidupan pribadinya, Gus Kikin memiliki istri bernama Hj Lelly Lailiyah. Rumah tangganya dikaruniai dua orang anak.

Beralih ke riwayat pendidikan, Gus Kikin menerima pendidikan agama di pondok pesantren. Ia pernah menjadi santri di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang hingga Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak, Jombang

Selain itu, Gus Kikin juga mendapat pendidikan formal di Madrasah Ibtida'iyah Parimono. Kemudian, ia melanjutkannya di SMP Negeri 1 Jombang dan SMA Negeri 2 Jombang.

Setelahnya, Gus Kikin melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Belum selesai, ia kembali melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka dengan mengambil jurusan komunikasi.

Berbekal ilmu dan pengalaman yang dimiliki, Gus Kikin tumbuh menjadi sosok ulama berwawasan luas dan matang. Selain menjadi pengasuh pesantren, ia bahkan turut aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama (NU).

Terbaru, Gus Kikin terpilih sebagai Ketua PWNU Jatim. Sebelumnya, ia dinyatakan unggul perolehan suaranya dari KH Makki Nasir atau RA Makki.

Demikianlah ulasan mengenai profil Gus Kikim, cicit pendiri NU KH Hasyim Asy’ari yang terpilih menjadi Ketua PWNU Jatim.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)