10 Keutamaan Surat Al Insyirah, dari Memberi Kekayaan hingga Membuat Rasulullah Gembira

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 07:35 WIB
loading...
10 Keutamaan Surat Al...
Keutamaan membaca Surat Al Insyirah saling berkaitan dengan isi suratnya, yakni terkait kemudahan yang akan diberikan Allah SWT kepada hamba-hambanya yang bertaqwa ketika mengalami kesulitan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Al Insyirah jadi salah satu surah dalam Al Quran yang perlu dihafal dan dibaca oleh setiap muslim karena memberi keutamaan yang berlimpah.

Surat Al Insyirah adalah surah ke-94 dalam Al Quran yang berada di juz 30 atau juz terakhir, serta punya 8 ayat. Surah ini berisikan tentang kesulitan atau permasalahan yang sedang dihadapi oleh umat Islam pasti akan diikuti dengan turunnya berbagai macam kemudahan.

Keutamaan membaca Surat Al Insyirah ini juga saling berkaitan dengan isi suratnya, yakni terkait kemudahan yang akan diberikan Allah SWT kepada hamba-hambanya yang bertaqwa ketika mengalami kesulitan.

10 Keutamaan Surat Al Insyirah

1. Memberikan Kekayaan

Seorang hamba dapat diberikan kekayaan yang melimpah ketika membaca surat Al Insyirah sebanyak 40 kali. Hal itu sebaiknya dilakukan setelah seorang hamba menyelesaikan shalat fardhu dan akan lebih baik lagi apabila dilakukan secara rutin.

2. Memudahkan Mendapat Pekerjaan

Dengan membaca surat Al Insyirah setelah shalat sunak mutlak (2 rakat) dan membaca surat Al Insyirah setelah salat fardhu sebanyak huruf yang ada di dalam surat, maka keinginan seorang hamba terutama keinginan untuk mendapatkan pekerjaan bisa dimudahkan oleh Allah SWT.

3. Melapangkan Hati

Surat Al Insyirah memiliki manfaat berupa hati seorang hamba bisa diberi kelapangan ketika sedang menghadapi suatu masalah atau kesulitan. Dengan hati yang lapang akan membuat hidup menjadi lebih tenang dan hati pun menjadi senang.

4. Mudah Terkabul Permohonannya

Barang siapa yang mengharapkan sesuatu maka bacalah Surah Al-Insyirah dan laksanakanlah sholat hajat kepada Allah SWT, maka insya Allah atas izin Allah SWT akan segera dikabulkan hajatnya.

5. Menghindarkan dari Rasa Malas

Manfaat keutamaan dari surat Al Insyirah berikutnya adalah menghilangkan rasa malas. Dalam hidup yang kita jalani ini sebisa mungkin rasa malas yang ada di dalam diri kita dihilangkan terutama rasa malas untuk beribadah dan bekerja.

6. Memudahkan Segala Urusan

Disebutkan siapa yang istiqomah membaca Surat Al-Insyirah setelah sholat fardhu, dia akan dimudahkan oleh Allah segala urusan dan mendapat rezeki yang tak terduga.

7. Menghilangkan Kesulitan yang Sedang Dihadapi

ن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب


Artinya: "Barangsiapa membaca Al-Insyirah secara rutin setiap selesai sholat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga."

8. Membuka Pintu Rezeki

Siapa yang membaca Surah Al-Insyirah disetiap selesai melaksanakan sholat maka Allah akan menghilangkan kesulitan dari orang tersebut dan akan dimudahkan rezekinya.

9. Dicukupkan Kebutuhannya

Barang siapa yang membaca Surah Al-Insyirah disetiap selesai melaksanakan sholat sebanyak 40 kali selama 7 hari berturut-turut, maka Allah akan mencukupi kebutuhan orang tersebut dan tidak perlu diragukan lagi.

10. Surah yang Dapat Membuat Rasulullah Gembira

Berdasar asal mulanya, surat Al Insyirah adalah surat penghibur bagi Rasulullah SAW ketika mendapat kesulitan dalam berdakwah di Makkah. Sehingga membaca surat ini seakan memberikan kabar baik pada Nabi Muhammad SAW.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)