Pesona Yahya Sinwar: Pemimpin Politik Hamas, Pengganti Ismail Haniyeh

Senin, 12 Agustus 2024 - 10:40 WIB
loading...
Pesona Yahya Sinwar:...
Yahya Sinwar di tengah kerumunan. Foto: CNN
A A A
Pada tanggal 6 Agustus 2024, Yahya Sinwar , salah seorang arsitek utama Operasi Badai Al-Aqsa 7 Oktober 2023, dipilih dengan suara bulat sebagai pemimpin politik baru Hamas setelah Ismail Haniyeh terbunuh di Teheran, Iran , beberapa waktu lalu.

"Sinwar telah menjadi pemimpin Hamas di Gaza sejak 2017 dan telah lama dikenal atas upayanya untuk memajukan perundingan rekonsiliasi internal Palestina ," tulis Sami Al-Arian dalam artikelnya berjudul "Can new Hamas chief Yahya Sinwar achieve Palestinian unity?" yang dilansir Middle East Eye atau MEE, 9 Agustus 2024.

Sami Al-Arian adalah Direktur Pusat Islam dan Urusan Global (CIGA) di Universitas Zaim Istanbul. Berasal dari Palestina, ia tinggal di AS selama empat dekade (1975-2015) di mana ia menjadi akademisi tetap, pembicara terkemuka, dan aktivis hak asasi manusia sebelum pindah ke Turki.



Menurutnya, tidak seperti pejabat Hamas lainnya yang mengambil garis yang lebih keras, nada bicara Yahya Sinwar jauh lebih mendamaikan. Retorikanya sering kali menjadi ciri khas serangan pesona, karena ia merangkul para pemimpin Palestina lainnya dan memberi hormat kepada mendiang kepala Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Yasser Arafat.

Yahya Sinwar bahkan meminta pimpinan Fatah untuk kembali ke Gaza dan mengelola urusan sipilnya, meskipun tawarannya ditolak mentah-mentah.

Ia juga merupakan visioner di balik protes Great March of Return Gaza 2018-2019, yang menuntut diakhirinya blokade dan hak untuk kembali bagi para pengungsi. Sinwar telah mengundang Fatah untuk bergabung dengan gerakan massa tanpa kekerasan ini, tetapi tawarannya sekali lagi ditolak. Selama waktu itu, pasukan Israel menewaskan hampir 230 pengunjuk rasa Palestina yang damai.

Sinwar juga memperbaiki hubungan Hamas dengan beberapa rezim Arab, seperti Mesir, dan berperan penting dalam pemulihan hubungan kelompok itu dengan Suriah dua tahun lalu.



Setelah beberapa kali gagal melakukan rekonsiliasi, banyak pengamat kini merenungkan peran unik yang mungkin dimainkan Sinwar dalam mencapai persatuan di antara faksi-faksi Palestina.

Pemimpin yang baru diangkat, yang jabatan sementaranya berlangsung hingga akhir masa jabatan Haniyeh pada Mei 2025, diharapkan akan terus mencari titik temu dengan para pemimpin Otoritas Palestina (PA).

Namun, mengingat perbedaan yang tidak dapat diatasi dalam strategi dan pendekatan politik dalam organisasi-organisasi Palestina - apalagi peran PA yang didukung Fatah dalam keruntuhan ekonomi dan politik Gaza - upaya-upaya tersebut kemungkinan besar akan gagal.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2525 seconds (0.1#10.140)