Yahya Sinwar: Pemimpin Ikonik Hamas yang Jadi Mimpi Buruk Benjamin Netanyahu

Selasa, 20 Agustus 2024 - 05:15 WIB
loading...
Yahya Sinwar: Pemimpin...
Yahya Sinwar adalah hantu bagi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/Ilustrasi: al Jazeera/mhy
A A A
Yahya Sinwar adalah hantu yang mempermalukanPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu . Bagaimana tidak, 13 tahun lalu, tepatnya pada 18 Oktober 2011, bersama lebih dari 1.000 orang tahanan Palestina , Yahya Sinwar ditukar dengan seorang serdadu Israel , bernama Gilad Shalit.

Gilad Shalit ditangkap Hamas dalam sebuah serangan dari pangkalan militernya di wilayah pendudukan. Setelah negosiasi berlarut-larut yang membuat Hamas menang, Netanyahu menyerah dengan menandatangani kesepakatan, yang dipandang "berat sebelah" oleh para mitranya.

Kala itu, Yahya Sinwar telah dijatuhi hukuman 4 kali seumur hidup oleh Israel. Saat dibebaskan ia telahmenjalani hukumanselama 22 tahun. Nah, kini Yahya Sinwar menjadi pemimpin perlawanan terhadap genosida Netanyahu di Gaza .



Seperti yang sudah ditakdirkan, Netanyahu menghadapi rasa malu dan aib yang parah karena tahu bahwa musuh bebuyutannya, yang telah ia janjikan untuk disingkirkan, berada di pihak yang berlawanan dalam negosiasi gencatan senjata saat ini - yang memegang kendali penuh atas narasi Hamas, narasi yang adil dan sah.

Press TV menyebut seorang jurnalis Israel menggarisbawahi rasa malu dan penghinaan yang nyata dari Netanyahu, dengan mengatakan bahwa Netanyahu akan memiliki lebih sedikit masalah dengan kesepakatan tersebut jika Yahya Sinwar "tidak dalam pelarian di dunia bawah Gaza".

Dengan kata lain, di akhir 10 bulan mengerikan dari kebiadaban tanpa henti yang telah mengakibatkan hilangnya lebih dari 40.000 nyawa warga Palestina - terutama wanita, anak-anak, dan orang tua - Netanyahu dan geng kriminal panglima perangnya telah gagal total mencapai tujuan politik atau militer apa pun selain menghancurkan warga sipil dan Jalur Gaza secara keseluruhan.

Kemenangan total yang dibanggakan banyak orang dengan mengalahkan Hamas dan membebaskan para sandera, merupakan tujuan militer yang tidak realistis dan tidak dapat dicapai sebagaimana telah dibuktikan oleh ketahanan perlawanan yang dipimpin oleh Yahya Sinwar.



Jauh dari gambaran yang tidak adil oleh hasbaris (propagandis) Israel sebagai monster, Yahya Sinwar menikmati status ikonik sebagai pemimpin revolusioner di antara massa Arab dan banyak aktivis keadilan sosial di seluruh dunia.

David Remnick, editor New Yorker, mengomentari kehidupan Yahya Sinwar, menulis bahwa ia menganggap penjara Israel sebagai "akademi", tempat untuk mempelajari bahasa, psikologi, dan sejarah musuh.

Ia menambahkan bahwa seperti banyak warga Palestina lainnya yang ditetapkan sebagai "tahanan keamanan", Yahya Sinwar menjadi fasih berbahasa Ibrani dan membaca surat kabar siaran siaran radio Israel, bersama dengan buku-buku tentang para ahli teori, politisi, dan kepala intelijen Zionis.

Mirip Nelson Mandela

Lahir pada tahun 1962, Yahya Sinwar tumbuh dalam keluarga besar di kamp pengungsi Khan Younis di Gaza selatan.

Mirip dengan biografi Nelson Mandela yang ditulis secara rahasia saat ia dipenjara di Pulau Robben dan halaman-halaman yang disembunyikan diselundupkan keluar, kisah perjuangan Yahya Sinwar melawan Zionisme dapat ditemukan dalam novel otobiografi yang ia tulis pada tahun 2004, saat masih di penjara, berjudul “Al-Shawk wa’l Qurunful” (diterjemahkan sebagai “Duri dan Bunga Anyelir”).



Remnick menulis bahwa sesama tahanan “bekerja seperti semut” untuk menyelundupkan naskahnya dan “membawanya ke publik,” menurut kata pengantarnya.

Seperti yang biasa terjadi di kalangan perusahaan munafik yang takut diperas sebagai "antisemit", novel Sinwar yang banyak dicari dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris telah disingkirkan dari rak buku.

Dalam artikelnya yang terperinci, Remnick menunjukkan bahwa hingga Desember lalu, Amazon menawarkan versi bahasa Inggris, tetapi menghapusnya setelah "beberapa kelompok pro-Israel tersinggung dan memperingatkan Jeff Bezos bahwa menjualnya dapat melanggar undang-undang anti-terorisme Inggris dan AS..."

Operasi Badai Al-Aqsa telah digambarkan sebagai serangan paling dahsyat terhadap entitas Zionis sejak perang 1967. Operasi ini tidak hanya mengguncang para penjajah hingga ke akar-akarnya dengan ribuan orang melarikan diri, tetapi juga telah menggalang solidaritas global untuk perjuangan kebebasan Palestina dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hamas "tetap teguh di medan perang dan dalam politik," kata Osama Hamdan, juru bicara kelompok tersebut, baru-baru ini. "Orang yang memimpin hari ini adalah orang yang memimpin pertempuran selama lebih dari 305 hari dan masih teguh di lapangan."

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2767 seconds (0.1#10.140)