Khotbah Jumat: Bahaya Politik Uang, Memilih Pemimpin Sesuai Tuntunan Islam

Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:52 WIB
loading...
Khotbah Jumat: Bahaya...
Bahayanya politik uang dalam pemilu harus dihindari bahkan dijauhkan oleh umat Islam. Foto ilustrasi/dok bawaslu
A A A
Khotbah Jumat tentang bahaya politik uang ini jadi informasi penting, terlebih sebentar lagi pesta demokrasi terbesar di Indonesia akan diselenggarakan.

Sebagai umat muslim yang akan memilih, sudah sepantasnya untuk memiliki rasa tanggung jawab, bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga orang lain dan Allah SWT.

Dalam khutbah Jumat tentang bahaya politik uang ini, akan dijelaskan tentang apa-apa saja baik tuntunan atau larangan ketika menghadapi pesta demokrasi yang sebentar lagi diadakan.

Khotbah Jumat : Bahaya Politik Uang

Khotbah 1

نَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا، وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ , وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ قال الله تعالى: اعوذبالله من الشيطان الر جيم


Jamaah Jum’at rahimakumullah

Mari kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya agar kita termasuk hamba-hamba-Nya yang selalu mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.

Jamaah Jum’at rahimakumullah

Dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, masyarakat Indonesia yang mempunyai hak pilih akan menentukan pilihan politiknya untuk memilih calon pemimpin yang akan mewakilinya di pemerintahan baik eksekutif, yudikatif, maupun legislatif.

Setiap orang mempunyai harapan agar Pilkada dan Pemilu dapat membawa tujuan yang lebih baik dan membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat.

Untuk mencapai hasil pemilu sesuai harapan, perlu
dipastikan pemilu dapat berjalan jujur dan adil, jauh dari tindakan curang seperti politik uang, kampanye hitam (politisasi SARA dan ujaran kebencian), mobilisasi ASN, penggunaan sarana pendidikan dan ibadah untuk kampanye, jual-beli suara dan sebagainya.

Dari berbagai perbuatan munkar di atas, pada kesempatan ini kami hanya ingin menyampaikan tentang bahaya dari praktek politik uang agar nanti memiliki perhatian dan kepedulian sehingga tidak mengganggu jalannya proses demokrasi.

Selain itu, kita juga berupaya agar dapat mencegah dan menghindari terjadinya perbuatan tercela tersebut. Money politics dianggap sebagai pemberian (berupa uang atau lainnya) untuk mempengaruhi dan atau menyelewengkan keputusan yang adil dan obyektif.

Perbuatan itu sebenarnya termasuk dalam kategori suap (ar-risywah) dan merupakan perbuatan batil yang dilarang Allah.

وَلَا تَاۡكُلُوۡٓا اَمۡوَالَـكُمۡ بَيۡنَكُمۡ بِالۡبَاطِلِ وَتُدۡلُوۡا بِهَآ اِلَى الۡحُـکَّامِ لِتَاۡکُلُوۡا فَرِيۡقًا مِّنۡ اَمۡوَالِ النَّاسِ بِالۡاِثۡمِ وَاَنۡـتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ


Artinya : "Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui."

Ayat ini memberi pesan akan keharaman memakan harta orang lain dengan jalan yang batil, baik dengan mencuri, merampas, menipu, berlaku curang ataupun pemalsuan. Masuk dalam kategori merampas, meskipun dengan cara sembunyi-sembunyi, adalah korupsi. Dalam hal ini Rasul telah mengingatkan:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknati penyuap dan yang disuap dalam masalah hukum." (HR. Tirmidzi)

Jamaah Jum’at rahimakumullah

Dalam Pemilu, setiap orang baik itu pemilih maupun orang yang akan dipilih harus memiliki sikap jujur dan adil. Masyarakat yang ingin memilih dan dipilih harus berdasarkan atas keyakinannya, dilandasi rasa tanggung jawab terhadap dirinya, masyarakat dan juga kepada Allah.

Namun faktanya banyak pemilih yang buta dan tidak mengetahui rekam jejak pribadi calon pemimpin yang akan mereka pilih, bagaimana kualitas dan kapasitasnya, visi-misinya seperti apa, kemampuan kepemimpinannya, dan perilakunya.

Kondisi ini menyebabkan masyarakat memilih calon
pemimpin secara ngawur. Mereka memilih atas dasar uang yang telah akan mereka terima, bahkan mereka berani bayar berapa? Mereka hanya berhitung seberapa besar keuntungan finansial atau janji-janji yang menguntungkan diri mereka atau kelompok mereka.

Dari situ nanti akan muncul istilah bahwa siapa pun yang memiliki kekayaan akan menang. Akhirnya pemimpin atau wakil rakyat terpilih tidak mempunyai kredibilitas dan kapabilitas yang memadai, dan cenderung tidak Amanah.

Berkaitan dengan hal itu nabi telah mengingatkan: ""Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka akan tunggulah terjadinya kiamat". (HR. Bukhari)

Jamaah Jum’at yang dimuliakan Allah

Politik uang dalam pemilu hanya akan mendatangkan hal buruk, setidaknya ada tiga dampak buruk yang ditimbulkan dari money politics.

Pertama, orang yang melakukan suap dan menerima suap sudah jelas melanggar syariat Allah dengan melakukan sesuatu yang diharamkan. Pada saat yang sama, orang yang melakukan money politics ini juga melanggar aturan hukum yang berlaku di negeri ini;

Kedua, orang yang menerima sogok atau suap akan menentukan pilihannya bukan atas dasar prinsip keadilan dan menimbang kemaslahatan untuk masa depan.;
Ketiga, orang yang memberikan sogok dan suap ini hanya akan melahirkan pemimpin yang korup. Ia akan bertidan curang, dan merampas harta yang bukan menjadi hak
demi mengembalikan modal yang yang telah dikeluarkan.

Jamah Jumat as'ad kumullah

Penegakan terhadap peraturan pemilu merupakan bagian dari perbuatan amar ma’ruf, dan pencegahan terhadap tindak pelanggaran yang merupakan perbuatan nahi
munkar.

وَلۡتَكُنۡ مِّنۡكُمۡ اُمَّةٌ يَّدۡعُوۡنَ اِلَى الۡخَيۡرِ وَيَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ‏


"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Ali Imran : 104)

Di akhir khutbah ini kami mengajak untuk menabuh genderang perang terhadap praktek politik uang. Setiap warga Negara Indonesia bisa menjalankan perintah amar ma’ruf dengan melakukan pengawasan, dan menjalankan nahi munkar dengan mencegah pelanggaran dan melaporkan dugaan pelanggaran kepada Bawaslu.

Khotbah 2


الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ

اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. إنَّ اللهَ وملائكتَهُ يصلُّونَ على النبِيِّ يَا أيُّهَا الذينَ ءامَنوا صَلُّوا عليهِ وسَلّموا تَسْليمًا

اللّـهُمَّ صَلّ على سيّدِنا محمَّدٍ وعلى ءالِ سيّدِنا محمَّدٍ كمَا صلّيتَ على سيّدِنا إبراهيمَ وعلى ءالِ سيّدِنا إبراهيم وبارِكْ على سيّدِنا محمَّدٍ وعلى ءالِ سيّدِنا محمَّدٍ كمَا بارَكْتَ على سيّدِنا إبراهيمَ وعلى ءالِ سيّدِنا إبراهيمَ إنّكَ حميدٌ مجيدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَ ذُنُوْبَ وَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا


Itulah khotbah Jumat terkait bahaya politik uang. Dari khutbah ini tentunya setiap muslim dapat memetik pelajaran jika politik uang merupakan hal yang dilarang dalam Islam karena hanya akan menimbulkan kerusakan dan kehancuran moral umat manusia.

Sumber :

https://kulonprogo.kemenag.go.id/index/wp-content/uploads/2023/12/PERANG-TERHADAP-POLITIK-UANG-KHUTBAH-BAHASA-INDONESIA-2.pdf

B
aca juga: Tingkatkan Literasi Keagamaan, Kemenag Siapkan 25 Tema Khotbah Jumat
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)