Kisah Heroik Abu Shujaa, Pejuang Palestina yang Syahid Dibunuh Israel

Senin, 02 September 2024 - 05:15 WIB
loading...
Kisah Heroik Abu Shujaa,...
Kemartiran Abu Shujaa terjadi saat Israel melakukan serangan militer besar-besaran di beberapa bagian Tepi Barat yang diduduki> Foto: Palestine Chronicle
A A A
Komandan pemberani Brigade Tulkarem itu bernama Mohammed Jaber atau lebih dikenalsebagai Abu Shujaa. Ia syahid pada hari Kamis kemarin oleh serangan militer Israel yang mematikan di kamp pengungsi Nur Shams di wilayah barat laut Tepi Barat yang diduduki.

Ia terbunuh bersama empat pejuang perlawanan lainnya saat pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran di kamp tersebut. Kala itu, Israel mengerahkan puluhan kendaraan militer dan menggunakan sejumlah besar bahan peledak.

Abu Shujaa dikenal karena keberanian dan keyakinannya yang luar biasa dan telah selamat dari berbagai upaya pembunuhan selama bertahun-tahun. Ia adalah mimpi buruk bagi rezim Zionis di Tepi Barat.

Pada bulan April, ia selamat dari serangan militer Israel di Tulkarem, ketika banyak yang mengira ia telah tewas. Namun, ia mengejutkan semua orang ketika muncul di pemakaman massal rekan-rekannya yang gugur.



Gerakan perlawanan Jihad Islam Palestina memberikan penghormatan yang tinggi kepada Abu Shujaa, memujinya sebagai mercusuar perlawanan terhadap pendudukan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

“Gerakan perlawanan Islam meninggikan derajat rakyat kami dan putra-putra bangsa Arab dan Islam kami atas kesyahidan saudara pejuang kami Mohammed Jaber (Abu Shujaa), komandan Brigade Tulkarem yang berafiliasi dengan Saraya Al-Quds,” katanya.

Memuji komandan muda tersebut, gerakan perlawanan yang berbasis di Gaza menggambarkan Abu Shujaa sebagai seorang pejuang “yang dengan berani menghadapi pendudukan bersama saudara-saudaranya, berusaha mengangkat ketidakadilan dari rakyat mereka, mengetahui bahwa menghadapi musuh, berapa pun harganya, lebih mudah daripada hidup di bawah pendudukan kriminal.”

Hamas juga mengeluarkan pernyataan berduka atas syahidnya komandan militer tertinggi tersebut sambil memperingatkan Israel bahwa agresi militernya yang brutal di Tepi Barat yang diduduki “akan meletuskan gunung berapi kemarahan yang membara” di antara rakyat.

“Kami berduka atas pemimpin Abu Shujaa dan semua martir lainnya, dan kami menegaskan bahwa kelanjutan agresi pendudukan di Tepi Barat tidak akan menghancurkan rakyat kami atau perlawanan mereka,” demikian Hamas.



Israel telah melancarkan serangan militer terbesarnya di Tepi Barat yang diduduki dalam lebih dari dua dekade, menargetkan Jenin, Tulkarem, Nablus, dan Tubas serta daerah lainnya.

Seorang pemuda yang lemah, Abu Shujaa sangat berani di medan perang, selalu memimpin dari garis depan. Ia sangat dihormati oleh para pejuang di Brigade Tulkarem dan faksi perlawanan bersenjata lainnya di sana.

Kamp Pengungsi

Abu Shujaa, lahir dengan nama Mohammed Jaber di Kamp Nur Shams di Tepi Barat yang diduduki pada tahun 1998, berasal dari keluarga yang berasal dari Haifa dan mengungsi selama Nakba tahun 1948.

Ia tumbuh di kamp pengungsi Nur Shams, yang didirikan pada tahun 1950 untuk menampung warga Palestina yang diusir dari rumah mereka di wilayah pendudukan Israel di Jaffa, Haifa, dan Kissaria selama pembersihan etnis besar-besaran terhadap warga Palestina pada tahun 1948.

Setelah menyaksikan dan mengalami kebrutalan pendudukan Israel, Abu Shujaa terlibat dalam kegiatan perlawanan di usia muda, naik pangkat hingga menjadi komandan Brigade Tulkarem, yang berafiliasi dengan Brigade Al-Quds, sayap bersenjata gerakan Jihad Islam, dan Brigade Syuhada Al-Aqsa.



Ia pertama kali ditangkap oleh pasukan Israel pada usia 17 tahun. Setelah itu, ia sering ditahan, menghabiskan hampir lima tahun di berbagai penjara Israel.

Abu Shujaa juga ditahan dua kali oleh Otoritas Palestina, yang telah dituduh oleh kelompok perlawanan yang berbasis di Gaza karena menindak para pemimpin perlawanan di Tepi Barat yang diduduki di tengah perang genosida Israel di Gaza.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2455 seconds (0.1#10.140)