Manfaat Membaca Ayat Kursi 100x, Lengkap dengan Dalil dan Waktu Terbaik Membacanya

Rabu, 11 September 2024 - 12:35 WIB
loading...
Manfaat Membaca Ayat...
Membaca ayat kursi 100x rupanya mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi umat muslim, salah satu keutamaannya adalah dijanjikan surga setelah kematiannya. Foto istimewa
A A A
Membaca Ayat Kursi sebanyak 100x rupanya mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi umat muslim. Salah satu keutamaannya adalah dijanjikan surga setelah kematiannya.

Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 dalam surah Al Baqarah. Ayat ini telah beberapa kali disebut dalam beberapa hadits dan dikenal sebagai ayat paling agung dalam Al Quran.

Allah SWT Berfirman :

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ


Allahu la ilaha illa huwal hayyul qayyum, la ta'khuzuhu sinatuw wa la na'um, lahu ma fis-samawati wa ma fil ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi'iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai'im min 'ilmihi illa bima sya', wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya 'uduhu hifzuhuma, wa huwal-'aliyyul-'azim

Artinya : "Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar." (QS. Al-Baqarah : 255)

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي - صلى الله عليه وسلم - سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال" ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ)


Artinya : “Dari Ubay bin Ka’ab, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakan yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui." Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, “Ayat kursi." Maka beliau mengatakan, “Selamat bagi anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu anda. Demi yang jiwaku yang ada di tangan-Nya. Sesungguhnya (ayat Kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para Malaikat di kaki Arsy.”

Ayat Kursi disebut sebagai ayat paling agung dalam Al Quran menurut riwayat Ubay bin Ka’ab tentu bukan tanpa alasan. Sebab ayat ini memang memiliki banyak manfaat dan keutamaan.

Manfaat Membaca Ayat Kursi 100X

Sebenarnya membaca Ayat Kursi 100x ini tidaklah harus menjadi patokan untuk membaca 100x dalam sehari, namun itu merupakan perumpamaan supaya rutin untuk membaca ayat tersebut.

Beberapa manfaat membaca Ayat Kursi secara rutin ini, di antaranya sebagai berikut :

1. Terlindung dari godaan setan
2. Terlindung dari kejahatan manusia
3. Memudahkan rezeki
4. Dinaikkan derajatnya di mata Allah SWT
5. Dimudahkan untuk menerima ilmu pengetahuan
6. Dihilangkan segala kefakiran
7. Mendapat pertolongan Allah SWT
8. Keselamatan dalam perjalanan
9. Dijaga tidurnya oleh dua malaikat
10. Dijanjikan surga setelah kematiannya

Berikut ini beberapa hadits yang menjelaskan tentang manfaat dan keutamaan membaca Ayat Kursi 100x.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِي دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلاَّ أَنْ يَمُوْتَ


"Barangsiapa membaca ayat kursi di akhir setiap shalat, maka tidak yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian" [HR. an-Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum Wal Lailah, no. 100 dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni rahimahullah dalam Shahîhul Jâmi’, no. 6464]

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


"Di antara dalil yang menunjukkan keutamaan membaca Ayat Kursi, yaitu hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat) ….” Di akhir hadits, pencuri itu berkata: ”Bila engkau hendak tidur, maka bacalah ‘Ayat Kursi’ karena penjagaan dari Allah akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai Subuh”. Kemudian Nabi berkata: “Ia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan.”" [HR al-Bukhâri, 2311].

"Barangsiapa yang membaca ayat kursi di setiap akhir salat fardhu maka ia berada dalam perlindungan Allah sampai salat berikutnya." (HR. Thabrani)

"Apabila seseorang dari umatku membaca ayat kursi 12 kali, kemudian dia berwudhu dan mengerjakan salat subuh, niscaya Allah akan menjaganya dari kejahatan setan dan derajatnya sama dengan orang yang membaca seluruh Al-Qur'an sebanyak 3 kali, dan pada hari kiamat ia akan diberi mahkota dari cahaya yang menyinari semua penghuni dunia."

"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi" (HR Bukhari)

Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi

Seperti yang telah dijelaskan dalam beberapa keutamaan membaca Ayat Kursi 100x, terdapat beberapa waktu terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk membaca ayat kursi ini.

1. Sebelum Tidur

"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi" (HR Bukhari)

2. Setelah Salat Fardhu

"Barangsiapa yang membaca ayat kursi di setiap akhir salat fardhu maka ia berada dalam perlindungan Allah sampai salat berikutnya." (HR. Thabrani)

3. Pagi dan Petang

“Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

4. Ketika akan Pulang Setelah Bepergian

"Barangsiapa pulang ke rumahnya serta membaca ayat kursi, Allah SWT akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya." Rasulullah SAW melanjutkan, "Umatku yang membaca ayat kursi 12 kali pada pagi hari di hari Jumat kemudian berwudhu dan salat sunah dua rakaat, Allah SWT akan memeliharanya dari kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar."

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)