Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Senin, 30 September 2024 - 05:15 WIB
loading...
Profil 6 Komandan Hizbullah...
Berikut ini profil 6 komandan Hizbullah yang syahid dibunuh Israel. Foto: Press TV
A A A
SEKRETARIS Jenderal Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah , telah syahid. Pemimpin perlawanan Lebanon ini dibunuh Israel dalam serangan mematikan yang menargetkan bangunan tempat tinggal di pinggiran selatan Beirut pada hari Jumat.

Gerakan perlawanan Lebanon mengonfirmasi pembunuhannya dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, yang menuai kecaman luas di seluruh dunia.

Sebelum Nasrallah, banyak komandan Hizbullah berpangkat tinggi lainnya juga dibunuh Israel dalam beberapa bulan terakhir.


Ibrahim Aqil (20 September):


Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Jet tempur Israel menargetkan daerah permukiman di pinggiran selatan Beirut pada tanggal 20 September, membunuh salah satu komandan tertinggi gerakan perlawanan Hizbullah, Ibrahim Aqil.

Ia adalah seorang pemimpin Hizbullah terkemuka, lahir pada tanggal 24 Desember 1962, di Bednayel, sebuah pemukiman di distrik Baalbek di Lembah Beqaa di timur laut Lebanon.



Pada awal tahun 1980-an, ia merupakan salah satu pendiri gerakan Islam di Beirut. Setelah invasi Lebanon oleh rezim Israel pada tahun 1982, Aqil memelopori banyak pertempuran dan operasi heroik melawan entitas pendudukan yang akhirnya mengakibatkan kekalahan dan penarikan pasukan yang memalukan.

Ia mengambil alih pelatihan pusat Hizbullah pada awal tahun 1990-an, memainkan peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia perlawanan. Setelah itu, ia diangkat menjadi kepala staf untuk Perlawanan Islam.

Dari tahun 1997 hingga kemenangan perang terakhir pada tahun 2000, ia memimpin beberapa operasi penting di Jabal Amel, sebuah wilayah dari Lembah Hula hingga Laut Mediterania di Lebanon selatan.

Pada tahun 2006, ia memainkan peran penting dalam perang melawan rezim Israel, yang membuat Hizbullah kembali menang setelah satu bulan pertempuran sengit.



Pada tahun 2008, ia mendirikan Pasukan Radwan, sebuah unit yang dinamai menurut komandan Hizbullah yang terkenal, Imad Mughniyeh, dan berasal dari pasukan khusus Hizbullah sebelumnya.

Ahmad Mahmoud Wehbe (20 September):


Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Dalam serangan yang sama yang berujung pada pembunuhan Aqil, rezim Israel juga membunuh komandan senior Hizbullah Ahmad Mahmoud Wehbe alias Haji Abu Hussein Samir.

Wehbe lahir di desa Adloun di Lebanon selatan pada tahun 1964 dan bergabung dengan front perlawanan di Lebanon saat terbentuk, memainkan peran kunci dalam operasi melawan rezim Israel.

Pada tahun 1984, ia ditangkap oleh pendudukan Israel tetapi hal itu tidak menyurutkan semangatnya. Pada tahun 1997, Wehbe berada di garis depan sebagai komandan lapangan dalam penyergapan Ansariya.



Komandan yang terbunuh itu juga memegang beberapa posisi kepemimpinan penting di unit pelatihan pusat Hizbullah hingga tahun 2007, saat ia ditunjuk untuk bertanggung jawab atas pelatihan militer di Pasukan Radwan.

Ia juga merupakan salah satu pemimpin perlawanan utama yang melawan kelompok teroris ekstremis di perbatasan timur Lebanon dan di banyak provinsi Suriah.

Sebelum mati syahid, ia memainkan peran kunci dalam operasi militer Pasukan Radwan bersama Aqil.

Fuad Shukr (30 Juli):


Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Seorang komandan militer Hizbullah berpangkat tinggi, Fuad Shukr dibunuh dalam serangan udara Israel pada tanggal 30 Juli di pinggiran selatan Beirut, menjadi pemimpin perlawanan terkemuka pertama yang menjadi martir sejak peristiwa 7 Oktober tahun lalu.

Serangan udara tersebut menargetkan sebuah gedung di lingkungan padat Haret Hreik. Kematiannya dikonfirmasi oleh gerakan perlawanan Lebanon sehari kemudian setelah memeriksa reruntuhan.

Sukr merupakan target yang sangat penting bagi rezim pendudukan Israel dan sekutu Baratnya. Pada tahun 2019, pemerintah AS menawarkan hadiah USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Dalam pernyataannya, Hizbullah memuji komandan militer yang terbunuh itu sebagai "kekuatan perlawanan yang khas."



Lahir pada tanggal 25 April 1961, di Nabatieh di Baalbek, Lebanon timur, Shukr juga dikenal dengan alias al-Hajj Mohsen. Ia adalah salah satu ahli strategi militer berpangkat tinggi di Hizbullah.

Ia mendapat kehormatan menjadi salah satu pendiri Hizbullah setelah invasi Israel ke Lebanon pada tahun 1982 dan menjabat sebagai penasihat militer bagi pemimpin gerakan Sayyed Hassan Nasrallah.

Ia juga merupakan teman dekat mantan komandan militer Hizbullah, Imad Mughniyeh, yang dibunuh oleh militer Israel pada bulan Februari 2008 di Suriah.

Komandan yang terbunuh itu memainkan peran kunci di medan perang selama invasi Israel ke Lebanon pada awal tahun 1980-an dan terluka dalam bentrokan dengan pasukan rezim di Khalde pada tahun 1982.

Ia naik pangkat hingga menjadi komandan militer pusat pertama Hizbullah, yang mengawasi perencanaan dan pelaksanaan operasi melawan pasukan pendudukan Israel sepanjang tahun 1990-an.

Shukr bertugas di dewan pimpinan pusat kelompok tersebut dan memimpin operasi gerakan melawan rezim apartheid Israel setelah Operasi Badai Al-Aqsa pada Oktober 2023.

Mohammad Nehme Nasser (3 Juli):


Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Mohammad Nehme Nasser, alias Hajj Abu Nehme adalah salah seorang komandan Hizbullah paling terkemuka, yang dibunuh oleh Israel di Tyre pada tanggal 3 Juli.

Lahir pada tanggal 6 Mei 1965, di kota Hadatha di Lebanon selatan, ia merupakan salah satu pejuang pertama yang bergabung dengan Perlawanan Islam di Lebanon pada tahun 1986 saat ia masih berusia 20-an.

Ia mengambil bagian aktif dalam beberapa operasi militer penting melawan entitas Zionis untuk membebaskan kota-kota dan desa-desa Lebanon yang diduduki selama invasi Lebanon.



Dalam salah satu operasi tersebut, ia memelopori serangan infiltrasi di lokasi militer Israel di Beit Yahoun, sebuah desa yang berdekatan dengan Hadatha di dekat Beit Jbeil.

Menurut pernyataan dari unit media militer Hizbullah, ia terluka beberapa kali dalam operasi untuk mengusir pasukan rezim Israel dari Lebanon, yang akhirnya tercapai pada 25 Mei 2000, mengakhiri hampir 18 tahun pendudukan Israel.

Pada tahun 2016, Nasser menjadi komandan salah satu unit teritorial Hizbullah yang bernama unit Aaziz.

Selama karier perlawanannya yang berlangsung selama 40 tahun, ia dikenal karena kepahlawanannya di medan perang. Ia melanjutkan kepahlawanannya tersebut sejak 7 Oktober 2023, juga, memimpin dan mengawasi banyak operasi.

Pada 3 Juli 2024, ia dibunuh bersama ajudannya di daerah al-Haouch di barat daya Tyre.

Taleb Sami Abdallah (12 Juni):

Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Talib Samir Abdullah alias Abu Talib dibunuh pada 12 Juni saat menjalankan tugasnya sebagai komandan senior Hizbullah melawan pasukan pendudukan Israel.

Abu Talib lahir di kota Adchit di Lebanon selatan pada tanggal 20 Maret 1969. Ia bergabung dengan barisan perlawanan Lebanon pada tahun 1984 dan mendapat kehormatan sebagai salah satu pejuang yang membela umat Muslim di Bosnia antara tahun 1992 dan 1994.

Sebagai komandan yang berpengalaman, Abu Talib memainkan peran kunci dalam perlawanan terhadap pendudukan Israel di Lebanon selatan, yang terbukti berperan penting dalam pembebasan wilayah Lebanon pada bulan Mei 2000.

Selama perang Israel di Lebanon pada bulan Juli 2006, ia memimpin pertempuran heroik di Maroun al-Ras, Bint Jbeil, dan Lapangan Pembebasan, titik persimpangan antara Maroun al-Ras, Bint Jbeil, Ainata, dan Aitaroun, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Hizbullah.

Selama Operasi Banjir Al-Aqsa, Abu Talib aktif di garis depan, mengawasi operasi melawan instalasi militer Israel, dan lokasi penempatan di bagian timur perbatasan Lebanon-Palestina, hingga ke Golan Suriah yang diduduki.

Wissam Hassan Tawil (8 Januari):

Profil 6 Komandan Hizbullah yang Dibunuh Israel Beberapa Bulan Terakhir

Wissam Hassan Tawil, yang berasal dari kota Khirbet Selem di Lebanon selatan. Ia terbunuh oleh tentara Israel saat bertugas pada 8 Januari. Ini menjadikan dirinya sebagai komandan Hizbullah terkemuka pertama yang tewas sejak 7 Oktober 2023.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Hizbullah setelah pembunuhannya, beberapa foto menunjukkan dia bersama para pemimpin perlawanan terkemuka, termasuk Sayyed Hassan Nasrallah, Imad Moghniyeh, Mostafa Badreddine, dan Qassem Soleimani.

Dia naik pangkat dalam gerakan perlawanan Lebanon hingga menjadi salah seorang komandan terkenal yang akhirnya mencapai tujuannya untuk mati syahid dalam perjuangannya membebaskan Al-Quds.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)