5 Fakta Masjid Omari Raya, Masjid Raya Gaza yang Dihancurkan Israel

Selasa, 22 Oktober 2024 - 14:58 WIB
loading...
A A A
Pada saat itu, daerah Gaza dikuasai oleh kerajaan Ottoman. Pada saat itu, kerajaan Ottoman ditugaskan untuk merestorasi masjid Omari serta membangun 6 masjid lainnya di sekitar Gaza.

Pada perang dunia 1, masjid tersebut mendapatkan kerusakan parah diakibatkan oleh pasukan sekutu saat menyerang posisi Ottoman di Gaza.

Saat itu, Inggris mengklaim pada saat kejadian tersebut terjadi. Para Ottoman menyembunyikan munisi mereka di dalam masjid tersebut yang mengakibatkan meledaknya amunisi pada saat dibombardir Inggris sehingga mengakibatkan kehancuran masjid.

5. Kehancuran oleh Israel Saat Ini

Pada tanggal 4 Desember 2023, Pasukan Israel menyatakan bahwa mereka berhasil melakukan serangan udara terhadap Masjid Omari Raya dimana mayoritas infrastruktur masjid tersebut berubah menjadi puing-puing.

Banyak manuskrip yang disimpan dalam masjid tersebut hancur dan compang-camping. Untungnya banyak dari manuskrip tersebut telah disimpan dalam bentuk digital dalam pusat restorasi manuskrip.

Walaupun ada beberapa manuskrip yang rusak akibat penyerangan Israel terhadap Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Seperti sifat Israel, mereka menyalahkan Hamas atas kehancuran masjid tersebut dikarenakan mereka ingin menargetkan Hamas bukan masjid tersebut walaupun belum ada bukti bahwa masjid tersebut menjadi tempat beroperasi Hamas.

Melihat dari sejarah dan hal yang dialami oleh Masjid Omari Raya atau Masjid Raya Gaza. Bisa dikatakan bahwa masjid tersebut memiliki potensi untuk dibangunkan kembali seperti abad-abad lalunya.MG/ Raffirabbani Panatamahdi Adizaputra

Baca juga: Masjid Al-Omari di Gaza, Pernah Menjadi Gereja saat Perang Salib
(wid)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)