Kisah Para Shahabiyat

Ummu Fadhl, Ibu Pemberani yang Melahirkan Anak-anak Saleh dan Pandai

loading...
Ummu Fadhl, Ibu Pemberani yang Melahirkan Anak-anak Saleh dan Pandai
Ummu Fadhl adalah sosok seorang ibu yang berhasil mendidik anak-anaknya menjadi orang-orang saleh, dan keberaniannya melawan musuh Allah, datang dari lubuk hati karena iman dan takwa kepada -Nya. Foto ilustrasi/ist
Sosok muslimah teladan ini, merupakan salah seorang dari empat perempuan yang keimanannya dipersaksikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Muslimah yang sangat beruntung itu bernama Lubabah binti al-Haris bin Huzn bin Bajir bin Hilaliyah. Ia juga dikenal dengan nama Lubabah al-Kubra serta akrab dipanggil Ummu Fadhl.

Ummu Fadhl adalah istri dari Abbas, paman Rasulullah. Ia dikaruniai enam orang anak yang mulia dan pandai dan belum ada seorang perempuan pun yang melahirkan laki-laki semisal mereka. Mereka adalah Fadhl, Abdullah al-Faqih, Ubaidullah al-Faqih, Ma'bad, Qatsam dan Abdurrahman.

Tentang Ummu Fadhl ini Abdullah bin Yazid berkata, "iada seorangpun yang melahirkan orang-­orang yang terkemuka seperti yang aku lihat sebagaimana enam putra Ummu Fadhl. Putra dari dua orang tua yang mulia. Pamannya Nabiyul Musthafa yang mulia. Penutup para Rasul dan sebaik-baik rasul"

(Baca juga :Inilah Batasan dan Adab Komunikasi dengan Lawan Jenis)



Dikutip dari buku Kitab "Nisaa’ Haular Rasuul", karya Mahmud Mahdi al-Istanbuli dan Musthafa Abu an-Nashr asy-Syalabi, dikisahkan Ummu Fadhl radhiyallahu'anha masuk Islam sebelum hijrah. Ia adalah perempuan pertama yang masuk Islam setelah Khadijah (Ummul Mukminin radhiyallahu'anha) sebagaimana yang dituturkan oleh putranya Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhu, “Aku dan Ibuku adalah termasuk orang-orang yang tertindas dari wanita dan anak-anak.”

Ummu Fadhl termasuk perempuan yang berkedudukan tinggi dan mulia di kalangan para perempuan muslimah. Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam terkadang mengunjungi beliau dan terkadang tidur siang di rumahnya.

Ia juga seorang perempuan yang pemberani dan beriman, yang memerangi Abu Lahab si musuh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan membunuhnya. Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak dari Ikrimah berkata, “Abu Rafi’ budak Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam berkata, Aku pernah menjadi budak Abbas, ketika Islam datang maka Abbas masuk Islam disusul oleh Ummu Fadhl, namun Abbas masih disegani terhadap kaumnya.”



(Baca juga : Amalan Ringan Ini, Pahalanya Mengalir Terus Hingga Hari Kiamat)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اَخۡرِجۡنَا مِنۡهَا فَاِنۡ عُدۡنَا فَاِنَّا ظٰلِمُوۡنَ
Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami darinya (kembalikanlah kami ke dunia), jika kami masih juga kembali (kepada kekafiran), sungguh, kami adalah orang-orang yang zhalim.”

(QS. Al-Mu’minun:107)
cover bottom ayah
preload video