Kumpulan Artikel: Kisah Para Shahabiyat

  • Nusaibah binti Kaab, Muslimah sang Perisai Rasulullah SAW dan Pejuang Hak Asasi
    Muslimah
    Kamis, 30 November 2023 - 10:35 WIB
    Nusaibah binti Kaab adalah salah satu shahabiyah (sahabat muslimah Rasulullah) yang agung. Ia mulai merasakan nikmatnya iman dan islam dari awal mula penyebaran Islam.
  • Mengenal Ummu Sinan : Mujahidah Tangguh, Ahli Perang dari Kabilah Aslam
    Muslimah
    Kamis, 02 November 2023 - 11:09 WIB
    Salah satu potret seorang muslimah tangguh yang juga seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) yang pandai berkuda serta lihai dalam seni peperangan, yakni Ummu Sinan. Siapa Ummu Sinan ini?
  • Mengenal Arwa binti Kuraiz, Ibunda Khalifah Utsman yang Jadi Sahabiyah Nabi
    Muslimah
    Senin, 27 Februari 2023 - 23:12 WIB
    Arwa binti Kuraiz merupakan satu di antara banyak sahabat Nabi Muhammad SAW dari kalangan perempuan (Sahabiyah). Beliau termasuk kelompok orang pertama yang memeluk Islam.
  • Kisah Hikmah : Jangan Berdusta Walaupun Hal Ringan
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Mujahidah Pemberani Perisai Rasulullah SAW di Medan Perang
    Muslimah
    Rabu, 16 November 2022 - 12:44 WIB
    Dia adalah seorang muslimah yang hidup di zaman Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam mengenalkan Islam. Ia juga seorang sahabat perempuan Rasulullah. Namanya Ar-Rubayyi binti Muawwidz. Ia tumbuh besar dari sebuah pohon yang buahnya mudah dipetik dan rasanya manis.
  • Sosok Perempuan yang Menolak Lamaran Nabi Muhammad SAW, Ini Alasannya
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 23:51 WIB
    Siapakah sosok perempuan yang menolak lamaran Nabi Muhammad SAW? Nabi pernah melamarnya dua kali namun selalu kandas. Berikut kisahnya dan alasan penolakannya.
  • Atikah binti Zaid : Sang Bidadari Para Syuhada
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:10 WIB
    Salah satu kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah adalah tentang sosok Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail.
  • Kisah Ummu Kultsum binti Uqbah, Berhijrah Demi Iman
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 15:56 WIB
    Kata hijrah beberapa tahun terakhir menjadi kata yang sangat populer di Indonesia. Tentang hijrah ini, ada salah satu contoh terbaik dari seorang shahabiyah yakni Ummu Kultsum binti Uqbah.
  • Ummu Waraqah, Imam Salat Pertama Para Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 14:27 WIB
    Ummu Waraqah menjadikan rumahnya sebagai masjid. Ia pun menjadi ikon dalam ibadah, menghayati kitab Allah hingga setiap ayatnya seakan mengalir di dalam urat-urat tubuhnya sehingga kalbunya mendapat asupan kesegaran iman dan ketaatan.
  • Romantisme Cinta Atikah dan Abdullah
    Muslimah
    Minggu, 22 November 2020 - 13:31 WIB
    Banyak kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah bagi perempuan muslimah saat ini. Masing-masing shahabiyah memiliki keutamaan sendiri. Satu di antaranya adalah Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail.
  • Seuntai Kalung Cantik Rasulullah untuk Umamah binti Abu Al Ash
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 15:25 WIB
    Umamah dikenal sebagai muslimah yang cerdas, lembut, dan keibuan. Kematangan pribadi itu tak terlepas dari asuhan langsung sang manusia mulia kakeknya, Muhammad.
  • Safanah binti Hatim, Sang Diplomat Dakwah yang Santun
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 16:56 WIB
    Banyak kisah muslimah yang dapat kita teladani, di antarnya adalah Safanah binti Hatim ath-thai. Ia merupakan salah satu shahabiyah yang dikenal akan kesantunnya dalam berperilaku dan berbicara.
  • Sang Pembela Ummul Mukminin Aisyah dari Kabar Hoaks
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 18:34 WIB
    Ketika banyak orang menggunjing dan meragukan Aisyah akibat berita bohong yang tersebar, ada seorang shahabiyah yang senantiasa menemani dan membelanya, ialah Ummu Misthah.
  • Perempuan yang Selalu Memuliakan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 05 November 2020 - 18:05 WIB
    Fathimah binti Asad adalah perempuan yang mendapat kehormatan untuk mendidik dan mengasuh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam saat beliau dalam asuhan pamannya, Abu Thalib.
  • Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab, Sang Perisai Rasulullah
    Muslimah
    Rabu, 04 November 2020 - 10:32 WIB
    Shahabiyah yang dikenal dengan panggilan Ummu Umarah ini putri dari Rabab binti Abdillah. Kisah heroik Nusaibah yang paling dikenang sepanjang sejarah adalah pada saat Perang Uhud
  • Furaiah binti Malik, Sang Penghapal Hadis Tentang Masa Berkabung
    Muslimah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 18:04 WIB
    Furaiah binti Malik, salah satu perawi perempuan dengan hadis-hadis yang ia riwayatkan langsung dari Baginda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Sosok perempuan kaum Anshar yang dijamin masuk surga.
  • Kisah di Medan Perang yang Bikin Baper
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 17:00 WIB
    Shafiyyah berperan penting dalam kehidupan Rasulullah, sehingga ia dijuluki Ibunda Hawari atau penolong Rasulullah. Dia pun menjadi salah satu dari sepuluh orang yang dijamin surga.
  • Penyair Cerdas Ibunda Para Syuhada
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 14:58 WIB
    Al-Khansa binti Amru merupakan seorang perempuan saleha yang berparas cantik dan sangat fasih dalam berkata-kata. Kemampuannya dalam merangkai kata-kata menjadi sebait syair sangatlah mengagumkan.
  • Hidayah Allah Itu Bisa Datang Kepada Siapa Saja
    Muslimah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:46 WIB
    Hidayah Allah Taala bisa datang kepada siapa saja, termasuk kepada musuh sekalipun. Seperti kisah Durrah binti Abu Lahab ini. Muslimah ini adalah keponakan Rasulullah dari pamannya Abu Lahab yang dikenal sebagai musuh serta sangat membenci Islam.
  • Ummu Fadhl, Ibu Pemberani yang Melahirkan Anak-anak Saleh dan Pandai
    Muslimah
    Jum'at, 11 September 2020 - 12:53 WIB
    Sosok muslimah teladan ini, merupakan salah seorang dari empat perempuan yang keimanannya dipersaksikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam