Para Malaikat Pengawas Saling Bertemu di 2 Waktu Ini, Bagaimana Keadaan Kita?

loading...
Para Malaikat Pengawas Saling Bertemu di 2 Waktu Ini, Bagaimana Keadaan Kita?
Sejumlah jamaah sedang mengikuti majelis ilmu di Masjid Nabawi Madinah beberapa waktu lalu. Foto/Ist
Ada dua waktu yang memiliki keutamaan besar di sisi Allah 'Azza wa Jalla. Kedua waktu ini menjadi moment bagi para Malaikat untuk bertemu saat menjalankan tugasnya. (Baca Juga: Mengenal 10 Malaikat Mulia dan Tugas-tugasnya)

Sebagaimana disebutkan dalam Hadis Nabi, para Malaikat silih berganti bertugas mengiringi manusia di waktu malam dan siang hari. Setiap hari mereka melaporkan keadaan manusia kepada Allah 'Azza wa Jalla. Maka beruntunglah orang yang menjaga kedua waktu tersebut. Waktu apakah yang dimaksud itu?

Berikut sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَار،ِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ وَصَلَاةِ الْفَجْرِ، ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِكُمْ فَيَقُولُ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي؟ فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّون (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Di tengah-tengah kalian ada Malaikat yang silih berganti bertugas mengiringi kalian di waktu malam dan siang hari. Mereka bertemu ketika waktu salat 'Ashr dan waktu salat Subuh. Malaikat yang mengawasi kalian di malam hari naik ke langit, lantas Allah bertanya mereka, 'bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Para Malaikat menjawab, 'Kami tinggalkan mereka sedang mereka tengah mendirikan salat, dan kami datangi mereka sedang mereka mendirikan salat'." (HR. Al-Bukhari)



(Baca Juga: 3.963 Kasus Baru Covid-19, Ini Sebarannya di Lima Provinsi)

Dai yang juga Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat, Ustaz Rikza Maulan mengatakan, setiap manusia senantiasa diiringi dan diawasi oleh Malaikat yang selalu mencatat segala amal perbuatannya. Malaikat tersebut saling bergantian menjaga insan, untuk kemudian mereka melaporkan segala amal perbuatan manusia kepada Allah Ta'ala.

Jika manusia senantiasa melakukan amal saleh, khususnya pada waktu Ashar dan Subuh, Malaikat akan 'melaporkan' kepada Allah ketika Allah bertanya kepada mereka, 'bagaimana kalian meninggalkan (keadaan) hamba-Ku?' Mereka menjawab, Aku datangi mereka di waktu ashar, ia sedang salat, dan aku tinggalkan ia di waktu subuh, juga sedang shalat.' (Baca Juga: Mengenal Dunia Malaikat: Mereka Bersayap, Jibril Punya 600 Sayap)

Hadis ini sekaligus menggambarkan keutamaan salat Subuh dan Ashar berjamaah di masjid. Sebaliknya, apabila di waktu itu manusia terlena dan terlelap dalam tidurnya atau sedang asyik dengan dunia dan pekerjaannya, maka Malaikat pun akan menjawab ketika Allah bertanya, bagaimana keadaan hamba-Ku?

"Mereka menjawab, Aku datangi ia di waktu ashar dalam keadaan sedang asyik terlena dengan dunianya, dan aku tinggalkan ia di waktu subuh, dalam keadaan terlelap tidur. Na'udzubillahi min dzalik," kata Ustaz Rikza.



(Baca Juga: Pelaku Penusukan Syech Ali Jaber Terancam Hukuman Mati)

Mengenai keutamaan waktu Subuh dan Ashar ini dijelaskan dalam satu Hadis Nabi صلى الله عليه وسلم. Dari Abu Musa radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

"Barangsiapa yang mengerjakan salat Bardain (yaitu salat Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga." (HR. Al-Bukhari dan Muslim). (Baca Juga: Jika Allah Mencintai Hamba-Nya, Jibril Pun Diseru untuk Mencintainya)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا تَنَاجَيۡتُمۡ فَلَا تَـتَـنَاجَوۡا بِالۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ وَمَعۡصِيَتِ الرَّسُوۡلِ وَتَنَاجَوۡا بِالۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡۤ اِلَيۡهِ تُحۡشَرُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan perbuatan dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Tetapi bicarakanlah tentang perbuatan kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan kembali.

(QS. Al-Mujadilah:9)
cover bottom ayah
preload video