10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?

loading...
10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?
Baqi (di sebelah Masjid Nabawi Madinah) adalah tempat pemakaman para sahabat Nabi mulia yang sampai kini tak pernah sepi dari peziarah. Foto/ist
Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di benak kita adalah tempat yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Allah Ta'ala berfirman dalam satu Hadis Qudsi yang diriwayatkan Al-Bukhari: "Aku telah menyediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga dan tak pernah terbayang di benak siapa manusia".

(Baca Juga: Hari Ini, Pasien COVID-19 Sembuh Tambah 3.501 Orang)

Dari ratusan ribu jumlah sahabat Nabi, ada 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga lewat lisan Nabi صلى الله عليه وسلم. Siapa saja mereka, berikut sabda Nabi yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Rasulullah صلى الله عليه وسلمbersabda:

عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي



Dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, 'Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin 'Auf di surga, Sa'ad di surga, Sa'id di surga, Abu 'Ubaidah bin Jarrah di surga." (HR. At-Tirmidzi). (Baca Juga: Berapakah Jumlah Sahabat Nabi Muhammad SAW?)

1. Abu Bakar Ash-Siddiq
Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu 'anhu bernama asli 'Abdullah bin Abu Quhafah. Beliau lahir pada tahun 573 M dan salah satu sahabat yang awal memeluk Islam. Beliau adalah khalifah pertama sekaligus mertua Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Rasulullah pernah bersabda: "Sesungguhnya aku tidak tahu sampai kapan aku akan hidup bersama kalian, oleh karena itu teladanilah dua orang sepeninggalku (sambil menunjuk Abu Bakar dan Umar bin Khattab)". (Hadis Jami' At-Tirmidzi No. 3596). Beliau orang pertama yang membenarkan perjalanan Isra' Mi'raj Nabi dan kemudian dengan julukan "Ash-Shidiq". Abu Bakar wafat dalam umur 63 tahun. Dari beliau diriwayatkan 142 hadits.

2. Umar Bin Khattab
Sayyidina Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu juga merupakan khalifah kedua dan dijuluki Amirul Mukminin dalam dalam sejarah Islam. Umar lahir di makkah tahun 583 M dan wafat pada 25 Dzulhijjah Tahun 23 Hijriyah (644 Masehi). Khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shidiq dijuluki Al-Faruq karena dapat memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Di tangannyalah peradaban Islam mulai eksis dan tumbuh pesat menyebar ke berbagai wilayah. Umar juga dikenal sebagai orang terdepan membela Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan ajaran Islam. Bahkan beliau menentang kawan-kawan lamanya yang pernah menyiksa para sahabat Nabi sebelum beliau memeluk Islam.



3. Utsman Bin Affan
Sayyidina Utsman Bin Affan radhiyallahu 'anhu dijuluki "Dzun Nura'ini" karena menikahi dua putri Rasulullah yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum. Utsman diangkat menjadi khalifah ketiga dengan masa kekuasaan terlama (644-656). Nama lengkapnya adalah Utsman bin Affan bin Abi Ash bin Umayah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf al Umawy al Qurasy. Keutamaan Utsman yang tidak pernah dilupakan dalam sejarah Islam adalah beliau membukukan Al-Qur'andalam versi bacaan (mushaf) dan membuat beberapa salinannya yang dikirim ke beberapa negeri-negeri Islam.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَاٰتٰٮكُمۡ مِّنۡ كُلِّ مَا سَاَلۡـتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاِنۡ تَعُدُّوۡا نِعۡمَتَ اللّٰهِ لَا تُحۡصُوۡهَا ؕ اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَـظَلُوۡمٌ كَفَّارٌ
Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

(QS. Ibrahim:34)
cover bottom ayah
preload video