10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?

Selasa, 22 September 2020 - 21:17 WIB
loading...
10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?
Baqi (di sebelah Masjid Nabawi Madinah) adalah tempat pemakaman para sahabat Nabi mulia yang sampai kini tak pernah sepi dari peziarah. Foto/ist
A A A
Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di benak kita adalah tempat yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Allah Ta'ala berfirman dalam satu Hadis Qudsi yang diriwayatkan Al-Bukhari: "Aku telah menyediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga dan tak pernah terbayang di benak siapa manusia".

( )

Dari ratusan ribu jumlah sahabat Nabi , ada 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga lewat lisan Nabi صلى الله عليه وسلم . Siapa saja mereka, berikut sabda Nabi yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

Dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, 'Ali di surga, Thalhah di surga , Zubair di surga, Abdurrahman bin 'Auf di surga, Sa'ad di surga, Sa'id di surga, Abu 'Ubaidah bin Jarrah di surga." (HR. At-Tirmidzi). ( ?)

1. Abu Bakar Ash-Siddiq
Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu 'anhu bernama asli 'Abdullah bin Abu Quhafah. Beliau lahir pada tahun 573 M dan salah satu sahabat yang awal memeluk Islam. Beliau adalah khalifah pertama sekaligus mertua Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Rasulullah pernah bersabda: "Sesungguhnya aku tidak tahu sampai kapan aku akan hidup bersama kalian, oleh karena itu teladanilah dua orang sepeninggalku (sambil menunjuk Abu Bakar dan Umar bin Khattab)". (Hadis Jami' At-Tirmidzi No. 3596). Beliau orang pertama yang membenarkan perjalanan Isra' Mi'raj Nabi dan kemudian dengan julukan "Ash-Shidiq". Abu Bakar wafat dalam umur 63 tahun. Dari beliau diriwayatkan 142 hadits.

2. Umar Bin Khattab
Sayyidina Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu juga merupakan khalifah kedua dan dijuluki Amirul Mukminin dalam dalam sejarah Islam. Umar lahir di makkah tahun 583 M dan wafat pada 25 Dzulhijjah Tahun 23 Hijriyah (644 Masehi). Khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shidiq dijuluki Al-Faruq karena dapat memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Di tangannyalah peradaban Islam mulai eksis dan tumbuh pesat menyebar ke berbagai wilayah. Umar juga dikenal sebagai orang terdepan membela Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan ajaran Islam. Bahkan beliau menentang kawan-kawan lamanya yang pernah menyiksa para sahabat Nabi sebelum beliau memeluk Islam.

3. Utsman Bin Affan
Sayyidina Utsman Bin Affan radhiyallahu 'anhu dijuluki "Dzun Nura'ini" karena menikahi dua putri Rasulullah yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum. Utsman diangkat menjadi khalifah ketiga dengan masa kekuasaan terlama (644-656). Nama lengkapnya adalah Utsman bin Affan bin Abi Ash bin Umayah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf al Umawy al Qurasy. Keutamaan Utsman yang tidak pernah dilupakan dalam sejarah Islam adalah beliau membukukan Al-Qur'an dalam versi bacaan (mushaf) dan membuat beberapa salinannya yang dikirim ke beberapa negeri-negeri Islam.

4. Ali Bin Abi Thalib
Sayyidina Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu (599-661 M) adalah Khalifah keempat (terakhir) dari Khulafa' Ar-Rasyidun yang berkuasa sekitar 4-5 tahun. Ali adalah sepupu Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang juga menantu beliau setelah menikahi Fatimah Az-Zahra radhiyallahu 'anha. Ketika Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم diangkat menjadi Rasul, Ali baru menginjak usia 8 tahun. Ali merupakan orang kedua yang memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, istri Nabi صلى الله عليه وسلم.

5. Thalhah Bin Ubaidillah
Selain dari 4 Khulafaur Rasyidin, sahabat Nabi yang dijamin masuk surga adalah Sayyidina Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu 'anhu (wafat 36 H/ 656 M). Thalhah termasuk enam konsultan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan pernah terlibat dalam Perang Uhud yang membuatnya mengalami luka sangat parah. Thalhah mati syahid pada Perang Jamal di masa pemerintahan Ali Bin Abi Thalib dalam usia 64 tahun. Beliau dimakamkan di Basrah.

6. Az-Zubair Bin Al-Awwam
Sayyidina Zubair Bin Al-Awwam merupakan putra dari bibi Rasulullah صلى الله عليه وسلم atau sepupu langsung Nabi صلى الله عليه وسلم. Beliau termasuk golongan As-Sabiqun Al-Awwalun orang yang awal memeluk Islam. Ahli sejarah mengatakan bawah pedang pertama yang dihunuskan untuk membela Islam adalah pedang milik Az-Zubair.

7. 'Abdurrahman Bin 'Auf
Sahabat yang satu ini terkenal paling kaya dan dermawan. Beliau tak segan-segan mengeluarkan hartanya untuk jihad di jalan Allah. Sayyidina Abdurrahman Bin 'Auf radhiyallahu 'anhu merupakan sahabat Nabi ke-8 yang memeluk Islam setelah Abu Bakar. Setelah Rasulullah wafat, Abdurrahman bin Auf bertugas menjaga kesejahteraan dan keselamatan Ummahatul Mu'minin (para istri Rasulullah). Beliau wafat pada umur 72 tahun (ada yang meriwayatkan 75 tahun) dan dimakamkan di Baqi'.

8. Sa'ad Bin Abi Waqqas
Sayyidina Sa'ad Bin Abi Waqqas radhiyallahu 'anhu adalah paman Rasulullah dari pihak ibu. Beliau lahir dan besar di Makkah dan dikenal sebagai pemuda yang memiliki pemikiran cerdas. Sa'ad bin Abi Waqqash termasuk salah satu sahabat yang memiliki umur panjang. Beliau hidup di era Rasulullah, Khalifah Abu Bakar, Khalifah Umar bin Khattab, dan Khalifah Utsman bin Affan. Pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, Sa'ad pernah ditugaskan memimpin delegasi ke Cina. Beliau juga pernah memimpin pasukan Islam ketika berperang melawan Persia di Qadissyah, perang besar dalam sejarah Islam. Beliau wafat dalam usia 70 (ada yang meriwayatkan 82 tahun) dan dikuburkan di Baqi'.

9. Sa'id Bin Zaid
Sayyidina Sa'id Bin Zaid radhiyallahu 'anhu dijuluki sebagai Abu al-'Awar. Said bin Zaid menikah dengan adik Sayyidina Umar bin Khatab, yaitu Fatimah binti al-Khattab. Beliau seorang sahabat Nabi yang awal masuk Islam. Semasa hidupnya, beliau ikut serta dalam semua peperangan bersama Rasulullah . Bahkan ketika pengepungan Damaskus juga perang Yarmuk bergejolak, beliau ikut ambil bagian di dalamnya. Beliau wafat 51 H (671) dalam usia 70 tahun dan dimakamkan di Baqi'.

10. Abu 'Ubaidah Bin Al-Jarrah
Sayyidina Abu Ubaidah bin al-Jarrah radhiyallahu 'anhu, sahabat yang termasuk paling awal memeluk Islam. Beliau ikut berhijrah ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan kemudian hijrah ke Madinah. Beliau mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Setelah terpilihnya Abu Bakar sebagai Khalifah, beliau ditunjuk sebagai panglima perang melawan Kekaisaran Romawi. Beliau wafat disebabkan oleh wabah tha'un dan dimakamkan di Deir Alla, Yordania pada tahun 18 H dan hingga saat ini sering diziarahi oleh kaum muslimin. (Baca Juga: Sahabat Penghuni Surga Ini Kerap Dipuji Rasulullah, Ternyata Ini Amalannya)

Demikian profil singkat 10 Sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Semoga kita dapat meneladani mereka dan termasuk golongan umat Rasulullah yang masuk surga. Aamiin... [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)]
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)