8 Nama Surga yang Diabadikan dalam Al-Qur'an

Selasa, 22 September 2020 - 23:36 WIB
loading...
8 Nama Surga yang Diabadikan dalam Al-Quran
Sejatinya keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh siapapun. Foto ilustrasi Masjid Nabawi/Ist
A A A
Surga ( Al-Jannah ) memiliki nama dan tingkatan dan setiap surga berbeda pula kenikmatannya. Adapun tingkatan surga paling tinggi derajatnya dinamakan "Al-Firdaus".

Dalam satu hadis, Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu pernah bertanya kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم: "Ya Rasullullah, dari apakah dibuat surga itu?" Nabi صلى الله عليه وسلم menjawab: "Dari air." Kami bertanya: "Beritakan tentang bangunan surga." Jawab Nabi: "Satu bata dari emas dan satu bata dari perak, dan lantainya kasturi yang semerbak harum, tanahnya dari za'faran, kerikilnya mutiara dan yakut, siapa yang masuk dalamnya senang tidak susah, kekal tidak mati, tidak lapuk pakaiannya, tidak berubah mukanya." (Baca Juga: Ingin Masuk Surga? Lakukan 5 Amalan Ini)

Masya Allah, itu baru sekilas gambaran surga yang diberitahu oleh Nabi صلى الله عليه وسلم. Sejatinya, keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh siapapun sebagaimana Allah Ta'ala berfirman dalam satu Hadis Qudsi: "Aku telah menyediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga dan tak pernah terbayang di benak siapa manusia". (HR Al-Bukhari). ( )

Berikut 8 Nama Surga yang Diabadikan dalam Al-Qur'an:

1. Surga Firdaus
Surga Firdaus merupakan tingkatan tertinggi. Surga ini diabadikan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal". (Al-Kahfi Ayat 107). Adapunamalan untuk masuk ke dalam surga ini sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu dalam salatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yakni) yang akan mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (Al-Mu'minun: Ayat 1-11)

2. Surga 'Adn
Surga 'Adn ini banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an, di antaranya firman Allah di Surat Thaha Ayat 76: "(Yakni) Surga 'Adn yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, di dalamnya mereka kekal. Dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang (dalam keadaan) bersih (saat di dunianya dari berbagai dosa)". Adapun golongan yang akan masuk ke dalam surga ini adalah mereka yang bertakwa: "(Yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para Malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan." (An Nahl: Ayat 30-31).

Mereka yang sabar, menginfakkan hartanya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan. "Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik). (Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang para Malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu." (Ar Ra'd: Ayat 22-23)

3. Surga Na'iim
Dalam Surat Al-Hajj Ayat 56 Allah berfirman: "Maka orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan". Kemudian dalam Surah Luqman Ayat 8: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bagi mereka bakal mendapat surga yang penuh kenikmatan".

4. Surga Ma'wa
Allah Ta'ala berfirman dalam Surah As-Sajdah Ayat 19 yang artinya "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka bagi mereka mendapat surga-surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan". Di Ayat lain Allah berfirman: "Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya)." (An-Nazi'at: Ayat 40-41)

5. Surga Darussalam
Mengenai Surga Darussalam ini dijelaskan dalam Surah Yunus Ayat 25 yang artinya: "Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus". Kemudian Allah Ta'ala berfirman, "Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dia-lah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan." (Al-An'am: Ayat 127)

6. Surga Daarul Muqomah
Mengenai surga ini, Allah Ta'ala berfriman: "Dan mereka berkata: 'Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu." (Fathir: Ayat 34-35)

7. Surga Al-Maqomul Amiin
Ini sesuai penegasan Allah Ta'ala di dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakqwa berada dalam tempat yang aman." (Ad-Dukhan: Ayat 51)

8. Surga Khuldi
Di dalam Al-Qur'an, Allah berfirman: "Katakanlah: Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka." (Al-Furqan: Ayat 15)

Demikian ulasan 8 tingkatan surga yang namanya diabadikan dalam Al-Qur'an . Semoga Allah Ta'ala berkenan memasukkan kita ke dalam golongan ahli surga . Aamiin. [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (2)]

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)