Keajaiban Al-Qur'an yang Terlewatkan

loading...
Keajaiban Al-Quran yang Terlewatkan
Imam Shamsi Ali, Direktur/Imam Jamaica Muslim Center. Foto/Ist
Imam Shamsi Ali
Imam/Direktur Jamaica Muslim Center
Presiden Nusantara Foundation

Al-Qur'an itu mu'jizah dalam segala aspeknya. Dari bahasa hingga ke konten, bahkan pada kekuatan ruhiyahnya. Dari segi bahasa misalnya, pernahkah kita perhatikan keindahan, bahkan pilihan kata per kata yang sangat pas dan imbang?

Satu di antaranya adalah kata-kata Al-Qur'an yang menggambarkan suasana guncangan atau suasana sulit. Dalam bahasa Arab situasi ini disebut "ihtizaaziyah". (Baca Juga: Fadhillah Membaca 100 Ayat Al-Qur'an dalam Salat Malam)

Contoh-contoh berikut ini begitu sangat menakjubkan, bahkan mungkin mengejutkan bagi sebagian yang jarang memperhatikan (tadabbur) ketika membacaAl-Qur'an:



1. Ketika Allah menggambarkan tentang guncangan bumi di saat terjadi Kiamat, Allah berfiman:
إذا زلزلت الأرض زلزالها

Coba perhatikan kata زل زال itu dari زل زل sebuah kata dari dua huruf yang berulang.

2. Ketika Allah mengazab kaum Nabi Saleh 'Alaihissalam yang mengingkari perintah-Nya dan perintah Nabinya dengan memotong sapi itu. Allah berfiman:
‎فدم دم عليهم ربهم

Coba perhatikan kata دم دم kata dari dua huruf yang berulang.

3. Ketika kebenaran tentang fitnah istri raja kepada Nabi Yusuf 'alaihissalam setelah dipenjara selama 10 tahun. Allah berfirman:
الآن حص حص الحق

Perhatikan kata حص حص juga kata dari dua huruf yang berulang.



4. Ketika Al-Qur'an menyampaikan keadaan yang akan terjadi di saat Kiamat tiba, Allah berfirman:
‎إذا دكت الأرض دكا دكا * وجاء ربك والملك صفا صفا

Perhatikan kata دكا دكا dan صفا صفا. Keduanya adalah kata-kata dari dua huruf yang berulang.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ عَلَيۡكَ الۡكِتٰبَ مِنۡهُ اٰيٰتٌ مُّحۡكَمٰتٌ هُنَّ اُمُّ الۡكِتٰبِ وَاُخَرُ مُتَشٰبِهٰتٌ‌ؕ فَاَمَّا الَّذِيۡنَ فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ زَيۡغٌ فَيَتَّبِعُوۡنَ مَا تَشَابَهَ مِنۡهُ ابۡتِغَآءَ الۡفِتۡنَةِ وَابۡتِغَآءَ تَاۡوِيۡلِهٖۚ وَمَا يَعۡلَمُ تَاۡوِيۡلَهٗۤ اِلَّا اللّٰهُ ؔ‌ۘ وَ الرّٰسِخُوۡنَ فِى الۡعِلۡمِ يَقُوۡلُوۡنَ اٰمَنَّا بِهٖۙ كُلٌّ مِّنۡ عِنۡدِ رَبِّنَا ‌ۚ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّاۤ اُولُوا الۡاَلۡبَابِ
Allah-lah yang menurunkan Al-Qur'an kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat (ayat yang mudah dipahami), itulah pokok-pokok Al-Qur'an dan yang lain mutasyabihat (ayat yang hanya Allah yang mengetahui maksudnya). Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, “Kami beriman kepada Al-Qur'an, semuanya dari sisi Tuhan kami.” Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal.

(QS. Ali 'Imran:7)
cover bottom ayah
preload video