Fadhillah Membaca 100 Ayat Al-Qur'an dalam Salat Malam

loading...
Fadhillah Membaca 100 Ayat Al-Quran dalam Salat Malam
Anjuran bagi para pengemban Al-Quran untuk bangun di malam hari dan membaca Al-Quran dalam salat malamnya. Foto/dok dakwah.id
Salah satu ciri orang beriman adalah hatinya selalu terpaut dengan Al-Qur'an Al-Karim. Dalam banyak riwayat, Allah Ta'ala memberikan keutamaan bagi mereka yang suka membaca Al-Qur'an, menyimakdan mentadabburinya.

Bahkan mereka yang menghafal Al-Qur'an (Hafizh) akan mendapat jaminan memberikan syafa'at kepada keluarganya pada hari Kiamat. (Baca Juga: Hadis tentang Keutamaan Membaca Yasin di Malam Hari)

Itulah keberkahan Al-Qur'an yang begitu menakjubkan. Allah Ta'ala berfirman:

لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ -إلى قوله تعالى- وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ {١١٣} يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ {١١٤}



Artinya:
"Mereka itu tidak sama, di antaranya Ahli Kitab itu ada dua golongan yang berlaku lurus. Mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (shalat). Mereka beriman kepada Allah ta'ala dan di hari penghabisan mereka menyeru kepada yang makruf, dan mencegah dari hal yang munkar serta bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan. Ketahuilah bahwa mereka itu termasuk orang-orang yang shaleh." (QS. Ali Imran: Ayat 113-114).

Dalam Kitab An-Nasoih Diniyyah karya Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad sebagaimana dilansir dari alfachriyah.org menerangkan anjuran bagi para pengemban Al-Qur'an untuk bangun di malam hari dan membaca Al-Qur'an dalam salat malamnya. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an:

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ



Artinya: "Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an." (QS Al-Muzammil Ayat: 20). (Baca Juga: Keutamaan Hafizh Qur'an Dapat Memberi Syafaat kepada 10 Keluarganya)
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
لِّـكَيۡلَا تَاۡسَوۡا عَلٰى مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُوۡا بِمَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرِۙ‏
Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang hilang darimu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri. 

(QS. Al-Hadid:23)
cover bottom ayah
preload video