Tamasya ke Surga, Apa Saja Keindahannya? (1)

Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:55 WIB
loading...
Tamasya ke Surga, Apa Saja Keindahannya? (1)
Ada 8 pintu surga yang Allah janjikan untuk hambanya yang beriman. Di pintu manakah, kita ingin memasukinya? Foto : Freepik
A A A
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyediakan Surga yang penuh dengan kenikmatan untuk orang-orang yang beriman . Surga memiliki beberapa pintu, dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang akan mengetuk pintu Surga.

Allah Ta’ala menciptakan Surga dari batu bata emas dan batu bata perak dengan semen kesturi. Sehingga Surga menjadi sangat indah dan harum . Harumnya aroma Surga tercium sejauh perjalanan empat puluh tahun. Surga memiliki seratus tingkatan, tingkatan tertinggi di Surga adalah firdaus.

(Baca juga : Satu-satunya Perempuan yang Pernah Memarahi Baginda Rasulullah )

Allah Ta'ala berfirman;

وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا قَالُوْا هَذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَأُتُوْا بِهِ مُتَشَابِهًا وَلَهُمْ فِيْهَا أَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّهُمْ فِيْهَا خَالِدُوْنَ.

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih bahwa bagi mereka (telah disediakan) Surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam Surga-surga mereka mengatakan, “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.” Mereka diberi buah-buahan yang serupa. Mereka di dalamnya mendapatkan isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 25)

Tak tergiurkah kita mendengar kabar gembira tentang Surga ini dan dapat menikmati keindahannya? Ustadz DR Irfan Yuhadi MSI, mengajak sejenak untuk kita menyelami keindahan Surga dengan berbagai kenikmatannya, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah yang mulia.

(Baca juga : Sosok-sosok Perempuan Mulia, 'Ibunda' Rasulullah )

Dai yang aktif menulis di laman konsultasiislam ini, menjelaskan tentang keindahan Surga sebagai berikut:

1. Pintu Surga

Surga memiliki 8 pintu salah satunya adalah pintu Ar-Rayyan yang hanya akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Sebagaimana diriwayatkan dari Sahal bin Sa’ad dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

فِي الْجَنَّةِ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابٍ فِيْهَا بَابٌ يُسَمَّى الرَّيَّانَ لَا يَدْخُلُهُ إِلَّا الصَّائِمُوْنَ.

”Di Surga ada 8 pintu. Di antaranya ada pintu yang bernama Ar-Rayyan yang tidak akan memasukinya, kecuali orang-orang yang berpuasa.” (Muttafaq ’alaih. HR. Bukhari Juz 3 : 3084 lafazh ini miliknya dan Muslim Juz 2 : 1152)

Rasulullah yang akan mengetuk pintu Surga, sehingga pintu tersebut terbuka dan orang-orang yang beriman dapat masuk ke dalamnya. Diriwayatkan dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah bersabda;

أَنَا أَكْثَرُ الْأَنْبِيَاءِ تَبِعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ.

“Aku adalah Nabi yang paling banyak pengikutnya pada Hari Kiamat dan aku adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu Surga.” (HR. Muslim)

(Baca juga : Hasad yang Terpuji? Bagaimana Bentuknya? )

Orang-orang yang memasuki Surga akan mendapatkan ucapan salam kesejahteraan dari para Malaikat penjaga Surga. Allah Ta'ala berfirman;

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا حَتَّى إِذَا جَآءُوْهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خَالِدِيْنَ.

“Orang-orang yang bertaqwa kepada Rabb mereka dibawa ke dalam Surga berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke Surga dan pintu-pintunya telah terbuka (maka) berkatalah para penjaganya kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atas kalian berbahagialah kalian, masuklah ke dalamnya dan kalian kekal di dalamnya.” (QS. Az-Zumar : 73)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)