Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan

loading...
Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan
Dengan puasa daud yang selang satu hari satu hari, maka perempuan muslimah terbiasa untuk menjaga emosi dan juga hawa nafsu. Foto ilustrasi/ist
Banyak keutamaan melaksanakan puasa , baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Bukan hanya berdampak bagi kesehatan, tapi puasa juga bisa dilihat dari banyak aspek lainya seperti spiritualitas , sosial , dan kebutuhan diri sendiri.

Untuk itu, puasa sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh muslim, khususnya perempuan muslimah.Kenapa demikian? Karena perempuan memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan yang lebih dibanding dengan laki-laki. Karakternya didominasi oleh sifat konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, dan lembut.

(Baca juga : Jaga Pandangan untuk Ketenangan Hati )

Bagi perempuan menahan diri dari hawa nafsu atau emosi berlebihan bisa menggunakan salah satunya dengan berpuasa ini. Berpuasa bisa menahan hawa nafsu dan juga mengontrol diri adalah hal yang paling tepat, agar potensi negatif dari dominannya perasaan tidak muncul begitu saja.



Ada banyak jenis puasa yang bisa dilakukan perempuan muslimah, salah satunya adalah puasa Daud . Puasa Daud adalah puasa dijalankan dengan cara sehari puasa dan sehari. Mengenai puasa Daud dijelaskan dalam hal hadis berikut :

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.” (HR. Bukhari)

(Baca juga : Dahsyatnya Setan Menjerumuskan Manusia Melalui Perempuan )



Untuk menjalankan puasa ini tentunya harus juga mempertimbangkan kesehatan dan kebutuhan asupan gizi seseorang. Tidak diwajibkan dan jika dilakukan tentu akan baik amal ibadahnya.

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)”

(Baca juga : Memberi Nama Janin yang Keguguran Menurut Empat Mazhab )

Hadis di atas menunjukkan bahwa puasa Daud memiliki keutaaman. Tentunya puasa lainnya juga memiliki keutamaan dan juga manfaat yang besar. Khusus untuk kaum perempuan, dirangkum dari berbagai sumber, inilah manfaat jika puasa Daud jika dijalankan oleh perempuan, di antaranya :

1. Melatih kesabaran dan menjaga Emosi

Dengan puasa daud yang selang satu hari satu hari, maka kita terbiasa untuk menjaga emosi dan juga hawa nafsu. Sering kali emosi muncul jika wanita tidak mengkontrol dirinya. Untuk itu, puasa membuat wanita lebih bisa mengkontrol emosi agar tidak berlebihan. Tentu saja hal ini dikarenakan emosi berlebihan bisa berawal dari hawa nafsu kita.

(Baca juga : Habib Rizieq Shihab Menampakkan Diri di Bandara Soetta, Massa Menangis dan Bershalawat )

Allah Ta'ala berfirman :

“dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.” (QS Al Maidah : 49)

(Baca juga : Harga Emas Antam Ambrol, Mau Beli? )

2. Menghindari sifat konsumtif
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
فَادۡعُوا اللّٰهَ مُخۡلِصِيۡنَ لَهُ الدِّيۡنَ وَلَوۡ كَرِهَ الۡـكٰفِرُوۡنَ
Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya).

(QS. Ghafir:14)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video