Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan

Selasa, 10 November 2020 - 10:58 WIB
loading...
Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan
Dengan puasa daud yang selang satu hari satu hari, maka perempuan muslimah terbiasa untuk menjaga emosi dan juga hawa nafsu. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak keutamaan melaksanakan puasa , baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Bukan hanya berdampak bagi kesehatan, tapi puasa juga bisa dilihat dari banyak aspek lainya seperti spiritualitas , sosial , dan kebutuhan diri sendiri.

Untuk itu, puasa sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh muslim, khususnya perempuan muslimah.Kenapa demikian? Karena perempuan memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan yang lebih dibanding dengan laki-laki. Karakternya didominasi oleh sifat konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, dan lembut.

(Baca juga : Jaga Pandangan untuk Ketenangan Hati )

Bagi perempuan menahan diri dari hawa nafsu atau emosi berlebihan bisa menggunakan salah satunya dengan berpuasa ini. Berpuasa bisa menahan hawa nafsu dan juga mengontrol diri adalah hal yang paling tepat, agar potensi negatif dari dominannya perasaan tidak muncul begitu saja.

Ada banyak jenis puasa yang bisa dilakukan perempuan muslimah, salah satunya adalah puasa Daud . Puasa Daud adalah puasa dijalankan dengan cara sehari puasa dan sehari. Mengenai puasa Daud dijelaskan dalam hal hadis berikut :

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.” (HR. Bukhari)

(Baca juga : Dahsyatnya Setan Menjerumuskan Manusia Melalui Perempuan )

Untuk menjalankan puasa ini tentunya harus juga mempertimbangkan kesehatan dan kebutuhan asupan gizi seseorang. Tidak diwajibkan dan jika dilakukan tentu akan baik amal ibadahnya.

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)”

(Baca juga : Memberi Nama Janin yang Keguguran Menurut Empat Mazhab )

Hadis di atas menunjukkan bahwa puasa Daud memiliki keutaaman. Tentunya puasa lainnya juga memiliki keutamaan dan juga manfaat yang besar. Khusus untuk kaum perempuan, dirangkum dari berbagai sumber, inilah manfaat jika puasa Daud jika dijalankan oleh perempuan, di antaranya :

1. Melatih kesabaran dan menjaga Emosi

Dengan puasa daud yang selang satu hari satu hari, maka kita terbiasa untuk menjaga emosi dan juga hawa nafsu. Sering kali emosi muncul jika wanita tidak mengkontrol dirinya. Untuk itu, puasa membuat wanita lebih bisa mengkontrol emosi agar tidak berlebihan. Tentu saja hal ini dikarenakan emosi berlebihan bisa berawal dari hawa nafsu kita.

(Baca juga : Habib Rizieq Shihab Menampakkan Diri di Bandara Soetta, Massa Menangis dan Bershalawat )

Allah Ta'ala berfirman :

“dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.” (QS Al Maidah : 49)

(Baca juga : Harga Emas Antam Ambrol, Mau Beli? )

2. Menghindari sifat konsumtif

Sering kali wanita jika emosional atau tidak mampu mengendalikan diri maka akan terjebak pada perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif ini seperti sering berbelaja, membeli hal-hal yang tidak penting, dan juga membelanjakan harta bukan sesuai kebutuhan atau sesuai fungsinya. Untuk itu, dengan puasa Daud yang intensitasnya lebih sering akan mampu mengkontrol hal ini bagi perempuan.

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Dengan berpuasa, kita juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Puasa mendorong kita untuk bisa lebih banyak beribadah dan tidak menyepelekan amalan apapun. Untuk itu, puasa daud dapat menjadikan kita lebih banyak beribadah daripada melakukan hal-hal yang merusak ibadah puasa.

(Baca juga : Delapan Kasus Politik Uang Diproses Gakkumdu )

4. Menjaga lisan

Ghibah atau kebiasaan membicarakan orang lain, seringkali dilakukan kaum perempuan. Tanpa sadar aktifitas tersebut malah membuat lisannya tidak terjaga. Untuk itu, dengan berpuasa kita bisa lebih menjaga mulut atau pembicaraan dengan lebih baik, karena puasa menjaga kita.

Selain itu, ada banyak manfaat dari puasa Daud, selain dari memberikan pahala, tentunya puasa daud akan berefek fisik dan kesehatan perempuan, seperti untuk proses detoksifikasi tubuh, menjaga stamina, membuat pola makan sehat, membatasi asupan makanan yang tidak penting.

(Baca juga : Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan Kini Memutus Rantai Penyebaran Corona )

Untuk itulah puasa Daud bisa muslimah lakukan jika hendak memiliki hidup sehat sekaligus mendapatkan pahala atas ibadah yang kita.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)