Jangan Gagal Paham! Ini Hukum Membaca Al-Qur'an di Kuburan

loading...
Jangan Gagal Paham! Ini Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan
Membaca Al-Quran di kuburan termasuk perkara khilafiyah. Imam Syafii dan Imam Ahmad bin Hanbal serta ulama lainnya membolehkannya. Foto/Ist
Al-Qur'an adalah hudal lin-naas, petunjuk bagi semua manusia. Banyak Hadis Nabi menerangkan keutamaan (fadhillah) membaca Al-Qur'an.

Sahabat Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

(Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Anda yang Suka Membaca Al-Qur'an)

Pertanyaannya, bagaimana hukum membaca Al-Qur'an di kuburan? Menurut Ustaz Farid Nu'man Hasan, ini merupakan permasalahan klasik. Sudah didebatkan mungkin sejak 12-13 abad lalu. "



"Hampir-hampir saya enggan membahasnya, karena ini sudah berkali-kali dibahas," kata Ustaz Farid, Dai yang juga lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia.

Ustaz Farid menjelaskan, pihak yang pro memiliki alasan baik sunnah, dan perilaku salafus shalih. Sehingga salah besar jika dikatakan pendapat ini tidak berdasar, dan tidak ada sandarannya.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ إِذَا مَاتَ أَحَدُكُمْ فَلاَ تَحْبِسُوْهُ وَأَسْرِعُوْا بِهِ إِلَى قَبْرِهِ وَلْيُقْرَأْ عِنْدَ رَأْسِهِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَعِنْدَ رِجْلَيْهِ بِخَاتِمَةِ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ فِي قَبْرِهِ



Diriwayatkan dari Ibnu Umar, Beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, "Jika di antara kalian ada yang meninggal, maka janganlah diakhirkan, segeralah dimakamkan. Dan bacakanlah di samping kuburnya, Surat Al-Fatihah di dekat kepala dan ayat terakhir Surat Al-Baqarah di dekat kakinya". (HR. At Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 13613, Al-Baihaqi dalam Syu'ab Al Iman No. 9294)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
فَقَالُوۡا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلۡنَا‌ ۚ رَبَّنَا لَا تَجۡعَلۡنَا فِتۡنَةً لِّـلۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَۙ‏
Lalu mereka berkata, Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zhalim,

(QS. Yunus:85)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video