Habib Quraisy Baharun: 2 Perhiasan Paling Baik Bagi Manusia

Sabtu, 26 Desember 2020 - 22:30 WIB
loading...
Habib Quraisy Baharun: 2 Perhiasan Paling Baik Bagi Manusia
Al-Habib Quraisy Baharun, pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
Al-Habib Quraisy Baharun (pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan) menyampaikan satu nasihat menyentuh hati melalui akun sosial Facebook beliau. Ada dua perhiasan yang paling baik bagi manusia untuk selamat dalam mengarungi kehidupannya, yaitu jujur dan menjaga yang halal.

Perhiasan pertama adalah kejujuran. Islam sangat menjunjung tinggi akhlak ini, karena hanya dengan kejujuran akan terbangun peradaban manusia yang paling tinggi sebagaimana yang telah diwariskan para Nabi sampai Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

(Baca Juga:
Keutamaan Berlaku Jujur dan Bahaya Dusta)

Sebagaimana Allah berfirman kepada hamba-Nya yang beriman agar berhias dengan ketakwaan dan selalu bersama orang yang jujur.

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَكُونُوا۟ مَعَ ٱلصَّـٰدِقِینَ

"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar." (Surat At-Taubah: 119)

Berkata Imam Ibnu Katsir: "Jujurlah kalian dan tetaplah kalian pada kejujuran, niscaya kalian akan termasuk orang-orang yang jujur dan selamat dari kebinasaan serta menjadikan bagi kalian jalan keluar dari urusan kalian."

Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda:

: "عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ؛ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الكذب، حتى يُكْتَبُ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا"

"Jujurlah kalian, karena sesungguhnya kejujuran itu membimbing ke arah kebajikan; dan sesungguhnya kebajikan itu membimbing ke arah surga. Dan seseorang yang terus-menerus melakukan kejujuran serta berpegang teguh kepada kejujuran pada akhirnya dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur (benar).

Hati-hatilah kalian terhadap kebohongan, karena sesungguhnya bohong itu membimbing kepada kedurhakaan; dan sesungguhnya kedurhakaan itu membimbing ke arah neraka. Dan seseorang yang terus-menerus melakukan kebohongan serta bersikeras dalam kebohongannya, pada akhirnya dia akan dicatat di sisi Allah sebagai seorang pembohong (pendusta). (HR Bukhari, Muslim)

(Baca Juga: Doa Agar Dimudahkan Mendapat Rezeki Halal)

Perhiasan kedua yaitu mencukupkan dengan yang halal. Ini sebagaimana pesan Baginda Rasulullah صلى الله عليه وسلم:

أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ { يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ } وَقَالَ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ } ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ

"Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah adalah baik dan tidaklah menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin sebagaimana perintah kepada para Rasul :
يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ
Wahai sekalian para Rasul, makanlah yang baik-baik dan beramal shalihlah, sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan (Al-Mukminun: 51)

Dan Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari rezeki yang Kami berikan kepada kalian (Al Baqarah: 172). (HR Muslim)

Berkata Imam Fudhoil bin Iyadh rahimahullah: "Tidaklah manusia berhias dengan sesuatu yang lebih baik daripada kejujuran dan mencari yang halal."

Demikian Al-Habib Quraisy mengingatkan kita tentang pentingnya kejujuran dan menjaga yang halal. Semoga Allah senantiasa membimbing kita dengan hidayah dan Taufiq-Nya.

(Baca Juga: 3 Akhlak Mulia yang Dapat Mengantarkan Seseorang ke Surga)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)