Inilah Amalan Bertabur Pahala, 1 Hurufnya Diganjar 10 Kebaikan

Senin, 28 Desember 2020 - 20:04 WIB
loading...
Inilah Amalan Bertabur Pahala, 1 Hurufnya Diganjar 10 Kebaikan
Nabi Muhammad SAW memberi kabar gembira bagi umatnya yang ingin mendulang banyak pahala dengan cara mudah. Foto/Ilustrasi
A A A
Pernahkah Anda membayangkan bagaimana Allah Ta'ala melipatgandakan pahala sesuai sekehendak-Nya? Jangan berkecil hati jika amalan kita sedikit atau barangkali terasa berat untuk beramal.

Islam melalui petunjuk Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم memberi kabar gembira bagi umatnya yang ingin mendulang banyak pahala dengan cara mudah. Hanya dengan membacanya, setiap huruf mendapat ganjaran 10 pahala kebaikan. Apakah amalan yang dimaksud?

[Baca Juga: 40 Hadis Keutamaan Al-Qur'an (3)]

Mari kita simakHadis Nabi berikut ini:

عَن ابنِ مَسعُودٍ رَضيَ اللٌهُ عَنهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلَى اللٌهُ عَلَي وَسَلَمَ مَن قَرَأ حَرفًا مٍن كَتَابِ اللٌه فَلَه بِه حَسَنَةُ وَالحَسَنَةُ عَشُرُ اَمُثَالِهَا لآ اَقُولُ الم حَرفُ وَلكِنُ اَلِفُ وَلآمُ حَرفُ وَميمُ حــَرُفُ. (رواه الترمذي وقال هذا حديث حسن صحيح غريب اسنادا والدارمى)

Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR at-Tirmidzi)

Al-Qur'an terdiri dari 114 surah, 30 juz dan 6.236 ayat menurut riwayat Hafsh, 6262 ayat menurut riwayat Ad-Dur, dan 6214 ayat menurut riwayat Warsy. Imam Syafi'i mencatat ada 1.027.000 (satu juta dua puluh tujuh ribu) huruf dalam Al-Qur'an.

Syaikh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy dalam Kitab Fadhail Qur'an menjelaskan, sesuatu ibadah itu baru dihitung sebagai satu amalan jika dilakukan secara utuh (keseluruhan). Tetapi tidak demikian dengan amalan membaca Al-Qur'an. Setiap bagiannya akan dinilai sebagai satu amalan, sehingga membaca satu huruf pun tergolong satu hasanah (kebaikan). Bagi setiap satu kebaikan dijanjiikan pahala berlipat oleh Allah sebagaimana firman-Nya:

مَنْ جاء بالحسنة فلهُ عَشْرُ أمْثَالهِا....

"Barangsiapa membawa amalan baik, maka untuknya (pahala) sepuluh kali lipat amalannya…" (QS. Al An’am [6] :160)

Tambahan sepuluh kali lipat ini adalah yang terendah, karena Allah melipatgandakan pahala dengan sekehendak-Nya:

والله يضاعف لمن يشاءُ....

"...Allah menggandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki..." (QS Al-Baqarah [2]: 261)

(Baca Juga: Rahasia Surah Al-Fatihah, 7 Huruf Hijaiyah Tidak Ada di Dalamnya)

Pemisalan bahwa setiap huruf Al-Qur'an dinilai satu kebaikan telah disabdakan oleh Rasulullah sehingga Alif Lam Mim berisi 30 kebaikan. Jika yang dimaksud adalah Alif Lam Mim permulaan Al-Baqarah, berarti hitungan pahalanya tiga puluh. Dan jika yang dimaksud adalah Alif Lam Mim permulaan Surat Al-Fiil (dengan menghitung jumlah huruf yang dilafazhkan) menjadi 90 pahala. Imam Al-Baihaqi meriwayatkan, "Aku tidak mengatakan bahwa Bismillah itu satu huruf, tetapi ba, sin, mim, dan seterusnya adalah huruf-huruf yang terpisah."

Mari kita berhitung, jika total huruf Al-Qur'an berjumlah 1.027.000 (satu juta dua puluh tujuh ribu) huruf. Beruntunglah mereka yang mengkhatamkannya setiap bulan atau setiap pekan. Kalau 1 huruf diganjar 1 kebaikan dan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan dari Allah Ta'ala, coba hitung 1.027.000 huruf dikalikan 10, berapa banyak pahala yang kita dapat?

Jika membacanya dalam keadaan ikhlas mengharap ridha-Nya, hitungan ini bisa jadi tidak berlaku. Sebab, Allah Ta'ala yang Maha Pemurah akan memberi pahala tanpa hitungan. Semoga saja kita termasuk golongan orang-orang yang senang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya.

(Baca Juga: Amalan Supaya Orangtua Diberi Mahkota Pada Hari Kiamat)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3097 seconds (0.1#10.140)