9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia

loading...
9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
Salat Tahajud adalah sarana meraih keridhaan Allah, kecintaan para Malaikat dan sunnah para Nabi. Foto/Ist
Salat Tahajud adalah salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah Isya hingga terbit Fajar atau menjelang Subuh. Syaratnya adalah harus dikerjakan setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar.

Tahajud berasal dari kata "Tahajjada" yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Salat tahajud adalah sarana (meraih) keridhaan Allah, kecintaan para Malaikat, sunnah para Nabi, cahaya pengetahuan, kebencian para setan, (sarana) terkabulnya doa, keberkahan bagi rezeki, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Fiqih Salat Malam, Bolehkan Salat Tahajjud Setelah Witir?

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم apabila salat Tahajud beliau mengerjakannya seperti yang disebutkan Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha berikut: "Bahwasanya Rasulullah pernah shalat malam 13 rakaat, dari 13 rakaat itu beliau shalat witir 5 rakaat dan beliau tidak duduk diantara rakaat-rakaat itu kecuali pada rakaat terakhir". (Sahih Muslim)

Salat Tahajud memiliki keutamaan luar biasa sebagaimana diterangkan dalam berbagai hadis. Allah akan memberikan 9 kemuliaan, lima di antaranya akan dirasakan ketika hidup di dunia.

Berikut 5 Keutamaan Salat Tahajud di Dunia:
1. Allah akan memlihara dari segala bencana dan bala (bala).
2. Wajahnya akan tampak bersinar sebagai tanda ketaatannya.
3. Akan dicintai manusia dan hamba Allah.
4. Lidahnya memiliki kemampuan mengucapkan kata yang mengandung hikmah.
5. Akan diberi kelebihan menjadi orang yang bijaksana yaitu diberikan pemahaman tentang ilmu agama.

4 Keutamaan di Akhirat:
1. Wajahnya akan tampak berseri saat bangkit dari alam kubur pada hari pembalasan nanti
2. Memperoleh keringanan waktu dihisab.
3. Saat menyeberang shirotol mustaqim dapat melakukan dengan cepat secepat kilat (halilintar).
4. Semua catatan amal perbuatannya di dunia akan diberikan di tangan kanannya

Dalil Salat Tahajud

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji." (QS Al-Isra': 79)

Hadis Mengenai Salat Tahajud
"Tuhan kita yang Maha Agung dan Maha Tinggi 'turun' setiap malam ke langit dunia ketika telah tersisa sepertiga malam terakhir. DIA berfirman: 'Siapakah yang berdoa kepadaku, maka aku akan mengabulkannya. Siapa yang meminta kepadaku, maka aku akan memberikannya. Siapa yang memohon ampun kepadaku maka akan Aku ampuni. (HR Al-Bukhari, Muslim)

Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta salat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat." (HR at-Tirmidzi)

"Seutama-utama salat sesudah salat fardhu ialah salat sunnah di waktu malam." (HR Muslim)

"Hendaklah kalian melakukan salat malam (Qiyamullail) karena hal tersebut merupakan kebiasaan para orang shalih sebelum kalian, karena Qiyamullail tersebut sebagai bentuk pendekatan (seorang hamba) kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, pelebur kesalahan, dan sebagai penolak sakit dari jasad." (HR At-Tirmidzi)

Doa Salat Tahajud
Pada hakikatnya berdoa boleh dengan kalimat apa saja karena Allah tidak pernah memberatkan hamba-Nya. Namun saat Salat Tahajud dianjurkan berdoa dengan doa berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ


Artinya:
"Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembahkecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau."

Niat Salat Tahajud
أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USOLLI SUNNATAT TAHAJJUDI ROK'ATAINI LILLAHI TA'AALA

Artinya:
Aku niat shalat Sunah Tahajjud 2 raka'at karena Allah Ta'ala.

Baca Juga: Salat Tahajud: Waktu yang Baik, Tata Cara, dan Doa
(rhs)
cover top ayah
فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَكُنۡ مِّنَ السّٰجِدِيۡنَۙ‏
maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (shalat),

(QS. Al-Hijr:98)
cover bottom ayah
preload video