Ini Mengapa Ujian Bisa Berubah Menjadi Bencana yang Dahsyat

Rabu, 10 Februari 2021 - 13:53 WIB
loading...
Ini Mengapa Ujian Bisa Berubah Menjadi Bencana yang Dahsyat
Ilustrasi/Ist
A A A
Berbagai bencana di Indonesia, maupun secara global, belakangan ini hendaknya mengundang kita untuk instropeksi diri dan merenung. Mengapa bencana beruntun terjadi, adakah ini ujian ataukah ini hukuman?

Rasulullah SAW bersabda:

ستكون فتن كقطع الليل المظلم؛ يصبح مؤمنا و يمسى كافرا، و يمسي مؤمنا و يصبح كافرا. يبيع دينه بعرض من الدنيا

“Sesungguhnya akan terjadi beragam malapetaka di hadapanmu bagaikan malam gelap gulita, seseorang di pagi hari masih mukmin, di sore hari bisa berubah menjadi kufur. Di sore hari masih mukmin, di pagi hari bisa berubah jadi kufur. la menjual agamanya karena menginginkan kehormatan dunia." (HR Abu Dawud, Kitaabul Fitan wal Malaahim, no. 4259 dan HR. Ibnu Majah, Bab At-Tatsbiit fil fitnah, dari shahabat Abu Musa al-Asy'ari radhiyallaahu 'anh, no. 3961).

Demikianlah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam mengingatkan ummatnya.

Ustaz Teten Romly Qomaruddien, Ketua Bidang Kajian & Ghazwul Fikri Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII), menjelaskan isyarat kenabian yang disampaikan dalam hadisnya yang mulia ini mengandung renungan sangat mendalam dan perlu perhatian sangat serius.

Pertama, akan terjadi badai petaka yang sangat dahsyat menimpa kaum Muslimin.

Kedua, akan terjadinya perubahan perilaku yang sangat besar menimpa kaum Muslimin, di mana keimanan dan keislaman seseorang sudah menjadi barang murahan untuk dipertaruhkan.

"Tentu saja keduanya terjadi bukan tanpa sebab, melainkan banyak faktor yang menyebabkannya. Faktor-faktor inilah yang disebut dengan api fitnah atau sumber malapetaka," ujar Anggota Komisi Pengkajian & Penelitian MUI Pusat ini.

Memahami Makna Ujian
Ustaz Teten Romly memaparkan dalam kitab-kitab kamus (ma'aajim) dituliskan, bahwa yang dimaksud ujian (fitnah) memiliki banyak pengertian lain: selain diartikan batu ujian, cobaan, 'aib dan noda, bahkan stress atau kegilaan, masuk di dalamnya.

Terkadang diartikan pula dengan siksa, penyakit, kegaduhan, kerusuhan, chaos dan huru hara. Di samping itu, anak dan istri, juga harta benda yang dimiliki termasuk ujian. "Yang jelas, semuanya mengindikasikan kepada segala sesuatu yang tidak disenangi (kullu syai'in makruuhatin)," jelasnya dalam ulasannya yang berjudul "Agar Ujian Tidak Berubah Menjadi Bencana".

Dikarenakan semuanya bisa menjadi beban dan setiap beban akan terasa menjadi siksa, maka sederhananya fitnah dapat dimaknai azab, sekalipun bagi orang-orang saleh bisa berubah menjadi rahmat.

Hal ini tercermin dalam dialog Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam bersama Umul Mukminin Aisyah radhiyallaahu . Nabi bersabda: “Apabila telah tampak kerusakan di muka bumi, maka Allah akan turunkan siksa pada penghuninya.”

Lalu 'Aisyah menyangkalnya: “Bukankah penduduk bumi masih ada orang saleh?"

Nabi menjawab: “Benar, kemudian bagi mereka berubah menjadi rahmat.” (HR. Ahmad dalam Tafsir Ibnu Katsir 2/ 275).

Sungguh sangat jelas, terjadinya malapetaka merupakan buah akibat dari perbuatan manusia sendiri yang mengundang laknat dan murka Allah yang bukan hanya menimpa pelaku kezaliman saja, melainkan termasuk orang-orang saleh sekali pun akan ikut menanggung derita karenanya.

Orang zalim binasa karena kezalimannya, sedangkan orang saleh dibinasakan karena diamnya, bungkam, diam seribu bahasa dan tidak mencegah kemaksiatan serta kezaliman. (Lihat: As-Syaukani dalam Fathul Oadir 2/ 376 dan As-Shabuni dai Shafwatut Tafaasir 1/ 500).

Maka sangatlah wajar, di antara para Ahli Tafsir menyebutkan, bahwa penyebab malapetaka muncul dikarenakan manusia telah banyak meninggalkan al-amru bil ma'ruuf wan nahyu 'anil munkar. (Khalid “Abdurrahman al-'Akk. Shafwatul Bayaan Lima'aanil Gur'aan, hlm. 52).

Maha benar Allah atas segala firmanNya: “Hendaklah kalian takut akan ujian berupa adzab Allah, di mana Allah tidak akan menimpakannya secara khusus kepada orang-orang zalim semata. Ingatlah sesungguhnya Allah Maha keras siksaannya.”" (OS. Al-Anfaal/8: 25).

Dahsyatnya Bencana
Dalam kenyataannya, terkadang kaum Muslimin mendapatkan ujian, terkadang dengan perkara yang baik (bil khair), juga terkadang dengan perkara yang buruk (bis syarr). Ujian dengan perkara yang baik-baik di antaranya melimpahnya kekayaan alam, pesatnya pembangunan atau majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin mutakhir. Adapun ujian dengan perkara yang buruk-buruk, di antaranya banyaknya bencana yang menimpa, dari kemarau panjang sampai banjir bandang, dari gempa bumi, gunung meletus sampai tsunami. Singkatnya dari “banjir duit" sampai “banjir lumpur" masuk di dalamnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)