Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati, Ini Sunnah yang Dianjurkan

Kamis, 25 Februari 2021 - 14:37 WIB
loading...
A A A
3. Memberi nama yang baik dan indah

Dari Abu Dawud, dengan isnad yang shahih dari Abu Darda’, ia berkata bahwa Rasululullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan menggunakan nama-nama kalian dan dengan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-nama kalian.”

Hendaknya orangtua memberikan nama-nama yang baik kepada anak-anak mereka, agar anak-anak jauh dari cemoohan dan ejekan. Dan jangan lupa, bahwa nama adalah do’a dari orangtua kepada anak-anaknya. Maka berikanlah nama yang baik sebagai do’a yang baik pula untuk anak-anak kita. Gunakanlah nama-nama Islami yang diajarkan oleh Rasulullah, dan jauhi penggunaan nama-nama yang menyerupai penamaan orang-orang kafir.

4. Memberikan penyusuan sempurna sampai 2 tahun

Baca juga: Pertahankan Ark of the Covenant, 800 Orang Tewas


5. Mendoakan kebaikan dan keberkahan bagi bayi serta menjauhkan diri dari memasang jimat-jimat

Haram hukumnya memasangkan kalung atau jimat-jimat dalam tubuh seorang anak dengan alasan untuk perlindungan anak tersebut. Yang diperbolehkan adalah melindungi anak dengan doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Sunnah saat bayi lahir sendiri tidak apa jika tidak dilakukan namun dianjurkan oleh para nabi. Tuntunan dari Rasulullah sampai saat ini menjadi acuan para umat muslim. Apalagi setiap orang tua mengharapkan anaknya tumbuh dengan baik, berguna bagi bangsa dan orang di sekitarnya. Tak lupa juga agar anak tumbuh selalu dekat Allah Ta'ala.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)