Doa-doa Agar Mudah Menghapal dan Memperkuat Ingatan

Senin, 01 Maret 2021 - 07:58 WIB
loading...
Doa-doa Agar Mudah Menghapal dan Memperkuat Ingatan
Ada doa-doa yang dapat membantu kita untuk mudah menghapal atau memperkuat daya ingat, ketika kita akan belajar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Beberapa hari terakhir ini, anak-anak kita khususnya para pelajar akan disibukkan dengan proses ujian untuk seleksi masuk ke sekolah atau perguruan tinggi yang diinginkan. Nah, bagi yang sedang menghafal namun sulit untuk mengingat padahal sudah bekerja keras agar bisa hafal, bisa membaca doa dibawah ini yang bisa dibaca ketika akan menghafal.



Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah bacaan doa agar mudah menghafal dan mengingat lengkap beserta latin dan terjemahannya.



Doa Mudah Menghafal/Faham

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. Wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi'afiatin ya arhamarrohimin.



Artinya: "Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

Selain doa di atas bisa juga membaca doa supaya mudah menghafal dan mengingat di bawah ini.



Doa Agar Dimudahkan Menghafal dan Mengingat

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a'thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu'tsir 'lainaa waardhinaa wardho 'annaa



Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

Demikianlah doa supaya mudah menghafal dan mengingat beserta latin dan artinya. Semoga apa yang dihafalkan bisa tersimpan dalam pikiran dan mudah untuk mengingatnya kembali.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8388 seconds (0.1#10.140)