Amalan Ringan Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki

Senin, 15 Maret 2021 - 06:00 WIB
loading...
Amalan Ringan Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki
Di pagi hari banyak keberkahan, sebagai muslim kita dianjurkan berdoa dan berzikir pagi hari yang bisa menjadi pembuka rezeki. Foto ilustrasi/ist
A A A
Muslimah, pagi hari bukan waktunya untuk bermalas-malasan, apalagi kembali pulas tidur mendengkur. Ada banyak berkah dan pahala apabila melaksanakan amalan-amalan pagi ini. Salah satunya ada amalan ringan dan mudah yang dapat membuka pintu rezeki dan keberkahan hidup

Baca juga: Ternyata, Bersoleknya Kaum Suami Sangat Dianjurkan


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam, bahkan setiap pagi hari memanjatkan doa untuk umatnya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Tirmidzi).

Ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk memulai aktivitas pagi hari, sehingga hari yang kita jalani dan kita lalui akan memberi berkah untuk hidup kita. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sedikitnya ada tiga amalan yang dapat dilakukan saat pagi hari sebagai pembuka pintu rezeki.



1. Berdoa

Selepas sholat shubuh, Rasulullah biasa memanjatkan sebuah doa. Beliau Shallallahu‘alaihi wa sallam melakukannya setelah salam, lalu berdoa,

Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqan thayyibaan, wa ‘amalan mutaqobbalaan (Ya Allah, ssesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amalan yang diterima).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).



Berdoa juga bisa dilakukan saat menjelang shubuh, yakni di sepertiga malam terakhir. Saat melakukan sholat malam, jangan luputkan berdoa meminta kelapangan dan keberkahan rezeki. Ingatlah bahwa doa di sepertiga malam pasti akan dikabulkan oleh Allah. Nabiyullah Muhammad bersabda,

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata, ‘Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Barang siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Aku beri, dan barang siapa yang meminta ampun kepada-Ku, pasti akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).



2. Bersedekah

Rasulullah pernah bersabda,

“Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang bersedekah’. Sedangkan malaikat yang satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah’.”(HR. Al Bukhari dan Muslim).

Dua malaikat pendamping akan berdoa demikian setiap pagi. Bersedekah memang bisa kapan saja. Namun bersedekah di pagi hari akan langsung didoakan oleh malaikat. Sebagaimana diketahui, doa malaikat selalu diijabah oleh Allah Ta’ala.



“Beri ganti orang yang bersedekah” doa malaikat tersebut pula menjawab rahasia sedekah yang tak akan membuat seseorang miskin. Sebaliknya, bersedekah justru membuat seseorang makin mudah mendapat rezeki, makin lapang kesempatan mendapatkannya, dan makin berkah harta yang dimilikinya. Namun tentu ikhlaskanlah saat bersedekah dengan niat hanya kepada-Nya, bukan dengan niat agar diganti dengan rezeki melimpah.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4958 seconds (0.1#10.140)