Amalan Ringan Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki

Senin, 15 Maret 2021 - 06:00 WIB
loading...
A A A
3. Sholat Dhuha

Sebelum memulai aktivitas rutin harian, mulailah dengan sholat dhuha meski hanya dua rakaat. Shalat sunnah tersebut dapat dilakukan sejak matahari terbit setinggi tombak atau 15 menit setelah waktu terbit, hingga saat tergelincirnya matahari atau 15 menit sebelum zuhur. Namun yang paling utama ialah melakukan shalat dhuha saat cahaya matahari mulai memanas.



Keutamaan sholat dhuha salah satunya yakni membuka pintu rezeki. Sebagaimana termaktub dalam hadis qudsi, Rasulullah bersabda, “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu’,” (HR. Ahmad).

Meski sholat dhuha bisa dilakukan dua, empat, atau bahkan delapan rakaat, Rasulullah sering kali menyebutkan keutamaan sholat dhuha dengan empat rakaat. Pasalnya, empat rakaat shalat dhuha mencukupi keharusan persendian dalam tubuh untuk bersedekah. Seperti yang diucapkan sang nabiyullah,

“Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Para shahabat lalu bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (melakukan sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at (sholat) dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud).



Tentu, masih banyak amalan lain pula yang dapat membuka pintu rezeki. Tiga amalan di atas merupakan yang mudah dilakukan dan tak mustahil untuk dikerjakan setiap pagi sebelum menyambut hari.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)