Treatment Kecantikan yang Tercantum dalam Al-Qur'an dan Sunnah

Sabtu, 27 Maret 2021 - 16:19 WIB
loading...
Treatment Kecantikan yang Tercantum dalam Al-Quran dan Sunnah
Untuk melakukan perawatan alami, ternyata ada berbagai rangkaian ibadah secara Islam yang dapat membantu seseorang selalu terlihat awet muda. Foto ilustrasi/ist
A A A
Islam sangat menyukai keindahan dan kecantikan . Bahkan Islam juga telah memberikan solusi bagi para muslimah untuk treatment atau perawatan wajah agar selalu tampil awet muda dan bercahaya . Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, bahkan beberapa hal ini bisa dilakukan semua perempuan kapanpun ia mau.



Tampil cantik untuk menyenangkan orang yang dicinta seperti suami, bisa dilakukan sesuai dengan syariat. Berikut dalil tentang kecantikan juga tercantum dalam Al-Qur'an, seperti dalam firman Allah Ta'ala :

فِيهِنَّ خَيْرَٰتٌ حِسَانٌ

“Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.” (QS.Ar Rahman:70)

Kemudian firman Allah Ta'ala:

لَّا يَحِلُّ لَكَ ٱلنِّسَآءُ مِنۢ بَعْدُ وَلَآ أَن تَبَدَّلَ بِهِنَّ مِنْ أَزْوَٰجٍ وَلَوْ أَعْجَبَكَ حُسْنُهُنَّ إِلَّا مَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ رَّقِيبًا

"Tidak halal bagimu menikahi wanita-wanita sesudah itu dan tidak boleh (pula) mengganti mereka dengan istri-istri (yang lain), meskipun kecantikan mereka menarik hatimu, kecuali wanita-wanita (hamba sahaya) yang kamu miliki. Dan ALLAH Maha mengawasi segala sesuatu.” (QS.Al Ahzab:52)



Melihat dalil itu, tentu setiap perempuan mendambakan untuk selalu bisa tampil cantik dan awet muda. Nah, muslimah selain kita melakukan perawatan alami , ternyata ada berbagai rangkaian ibadah secara Islam yang dapat membantu seseorang selalu terlihat awet muda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips awet muda sesuai syariat Islam:

1. Mengamalkan puasa sunnah

Puasa memiliki banyak sekali manfaat. Seperti menahan hawa nafsu, melatih kesabaran, menjaga kesehatan tubuh, dan yang lainnya. Selain puasa wajib, sahabat muslimah juga bisa melakukan puasa sunnah. Selain manfaat di atas, ternyata puasa sunnah bermanfaat untuk mempercantik diri seorang muslimah.

2. Selalu tersenyum

Dalam ajaran Islam, ayat Al Qur’an tentang membahagiakan orang lain yakni dengan senyum, selain tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik, tersenyum juga dianggap sedekah. Sabda Rasulullah SAW: “Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi)



3. Rajin sholat

Rajin melaksanakan salat, sabar, bersyukur, dan ramah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari diri umat islam. Semua umat islam wajib menjalankan salat dan selalu bersyukur dalam kondisi apapun. Juga sabar dan selalu ramah meski dalam kondisi sempit.

Pedoman itu harus dipegang teguh oleh muslimah agar hati menjadi tenang dan pikiran menjadi lebih fresh. Karena pikiran yang stres dan hati yang suntuk akan membuat sel-sel lebih cepat mati yang bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Bisa juga diertai dengan rutin membaca doa awet muda nabi Yusuf

4. Sering berwudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi umat islam sebelum melakukan ibadah salat, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh sobat. Namun, dibalik itu ternyata wudhu mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit sobat dan hal ini telah dibuktikan oleh peneliti dari Austria yaitu Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology.



Didalam penelitiannya dia mengatakan bahwa ada sesuatu yang menakjubkan tentang wudhu. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pusat-pusat syaraf yang ada di sebelah dahi, tangan dan kaki sangat sensitif terhadap air segar sehingga hal ini bisa mempengaruhi pusat-pusat syaraf tersebut dan tentunya berdampak pada kesehatan kulit yang tersentuh oleh air wudhu.

5. Gerakan sujud

Sujud merupakan salah satu dari gerakan salat yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim ketika melakukan ibadah salat. Ternyata sujud tidak hanya sebagai bagian dari gerakan sholat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Seperti yang dikatakan oleh Dr Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University. Dalam kajiannya ia mengungkapkan bahwa dengan sujud maka otak manusia akan dimasuki oleh darah dan urat pada otak ini hanya bisa dimasuki oleh darah ketika sedang sujud saja.

6. Sholat tahajud

Ada banyak keutamaan dalam ibadah salat malam ini, sehingga banyak dianjurkan untuk diamalkan oleh setiap muslim. Dan, ternyata, rajin menunaikan sholat tahajud dapat membuat sahabat muslimah awet muda.

Sesuai hadis Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, "Siapa saja yang banyak menunaikan shalat malam, jadi berwajah dapat terlihat tampan/cantik di siang hari," (HR Ibnu Majah).



Selain gerakan ibadah, ada pula tips alami menjadi awet muda sesuai sunnah Rasulullah, di antaranya:

1. Berpikir positif

Seseorang yang sering mengucap salam apabila bertemu sesama muslim maka otomotis wajahnya akan berseri-seri, karena tidak ada orang yang mengucap salam sambil cemberut. Nah, karena sobat selalu bahagia maka hal ini tanpa sobat sadari akan membuat sobat terhindar dari penuaan dini dan selalu awet muda.

2. Tidak sombong

Senyum merupakan ibadah yang paling murah dan mudah dilakukan sehingga tidak ada salahnya apabila sobat murah senyum kepada setiap orang. Selain enak dipsobatng ternyata orang yang murah senyum akan cenderung lebih awet muda karena hal ini akan membuat wajah sobat damai sehingga tidak hanya cantik diluar tetapi cantik juga didalam.



3. Menghilangkan iri dan dengki

Perasaan iri dan dengki hanya merugikan diri sobat sendiri karena hal ini sangat dibenci oleh Tuhan YME. Selain itu, seseorang yang selalu memendam rasa iri dan dengki didalam hatinya maka wajahnya akan terlihat kusam dan selalu masam, cemberut, muram dan sinis. Hal ini tentu saja akan membuat kita cepat terlihat tua karena tidak pernah tersenyum. .

4. Menahan amarah

Orang yang sering marah-marah atau mengumbar rasa emosi tidak ada hasrat untuk mengelolanya. Wajahnya bakal lebih cepat mengalamai sistem pengeriputan. Mengapa? Karena kemarahan adalah tipe emosi yang membuat otot-otot di wajah menegang, Emosi yang tidak diminimalkan ini menyebabkan keriput.



Bukan hanya itu saja, perasaan geram menyebabkan menebarnya hormon kortisol yang menyebabkan produksi kolagen pada kulit menyusut. Di mana sesungguhnya kolagen adalah bahan paling utama untuk membuat kulit awet muda, kencang serta kenyal. Oleh karenanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyarankan umatnya untuk menahan amarah beliau juga bersabda,

”Barangsiapa yang menahan kemarahannya walau sebenarnya dia dapat melampiaskannya, Allah Azza wa Jalla akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat dihadapan seluruh manusia lalu Allah biarkan memilih bidadari bermata cermat yang disenanginya. ” (HR. Abu Dawud, Hasan).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4267 seconds (0.1#10.140)