Hindari 3 Hal Ini, Karena Allah Memurkainya

Rabu, 31 Maret 2021 - 08:34 WIB
loading...
A A A
“Tidaklah perbuatan meminta-minta ditekuni oleh seseorang kecuali dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma)

Pada hadis lain, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Perbuatan meminta-minta adalah penggaruk yang mengoyak wajah seseorang. Kecuali jika seseorang meminta kepada penguasa atau dalam urusan yang mengharuskannya meminta.” (HR. at-Tirmidzi, dari Samurah bin Jundub radhiyallahu ‘anhu)

Termasuk meminta-minta di sini ialah perilaku gemar memberitahu kebutuhannya kepada orang lain. Termasuk pula hal yang dianggap sepele dan sering dilakukan, misalnya meminta traktir teman yang baru saja mendapat prestasi, meminta oleh-oleh kepada saudara yang hendak melancong, dan lain sebagainya.



3. Menyia-nyiakan harta

Perbuatan ketiga yang juga mengundang murka allah Ta'ala ialah membuang-buang harta. Allah telah memberikan kenikmatan berupa harta sehingga wajib mensyukurinya. Perbuatan menyiakan harta tergolong tak bersyukur atas nikmatnya.

Allah Ta'ala berfirman,

وَٱشۡكُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ

“Syukurilah kenikmatan Allah atas kalian jika kalian hanya beribadah kepadanya.” (an-Nahl: 114)

Contoh membuang-buang harta misalnya; berlaku boros, mengeluarkan harta untuk kemaksiatan, membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, membuang makanan ke tempat sampah, dan lain sebagainya.



Allah Ta'ala juga berfirman,

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isra’: 26-27).

Nah muslimah, kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan seperti di atas sangat lekat dengan perbuatan kita, yang tanpa kita sadari justru menyebabkan murka Allah ta'ala. Karenanya, kita harus segera memohon ampunan Allah Ta'ala dan tidak lagi atau menghindari perbuatan-perbuatan buruk yang dimurkai Allah Ta'ala tersebut.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)