Breaking News: Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan 13 April 2021

loading...
Breaking News: Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan 13 April 2021
Petugas Kementerian Agama Sumbar melakukan pemantauan hilal di Gedung Kebudayaan Sumatera Barat di Padang, Sumatera Barat, Jumat (22/5/2020). FOTO/ANTARA/Iggoy el Fitra
JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag ) menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Keputusan itu diambil dalam sidang isbat yang digelar di Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (12/4/2021).

"Menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021" kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Sebelum pengumuman, Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama (Kemenag), Cecep Nurwendaya mulai memaparkan posisi hilal awal Ramadan 1442 Hijriah. Menurutnya, referensi hilal awal Ramadhan 2021 terlihat di Indonesia.

Baca juga: Kemenag: Referensi Hilal Awal Ramadhan 1442 H Terlihat di Indonesia

"Ada referensi pelaporan, jika hilal awal Ramadhan 1442 H teramati di wilayah Indonesia pada Senin, 12 April 2021," katanya sebagaimana dilihat dalam konferensi video.



Sesi pemaparan posisi hilal ini dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Baca juga: Kemenag Gelar 3 Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442 H

Lalu sejumlah ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. Ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring. Kemudian, ada pula 29 duta besar negara sahabat yang diundang.

(abd)
cover top ayah
وَلَا تَقۡفُ مَا لَـيۡسَ لَـكَ بِهٖ عِلۡمٌ‌ ؕ اِنَّ السَّمۡعَ وَالۡبَصَرَ وَالۡفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤٮِٕكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔوۡلًا
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.

(QS. Al-Isra:36)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!