Kemenag Gelar 3 Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442 H

loading...
Kemenag Gelar 3 Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442 H
Pemerintah melalui Kemenag akan menggelar Sidang Isbat awal Ramadan 1442 Hijriah, Senin (12/4/2021). Sidang tersebut dihelat secara luring dan daring. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat awal Ramadhan 1442 Hijriah pada hari ini, Senin (12/4/2021). Sidang tersebut dihelat secara luring dan daring.

Baca juga: Ketua DPD Minta Pemerintah Beri Kepastian Izin Umrah Awal Ramadhan

Berdasarkan keterangan dari Humas Kemenag, Sidang Isbat terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H pada pukul 16.45 WIB. Pemaparan posisi hilal sifatnya terbuka dan akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Baca juga: Agar Melaksanakan Puasa Ramadhan Terasa Ringan, Amalkan 6 Hal Ini!

Kedua, Sidang Isbat awal Ramadan 1442 H dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB dan tertutup untuk umum. Ketiga, konferensi pers hasil Sidang Isbat dimulai pada 19.30 WIB. Pengumuman ini akan disiarkan secara langsung pada media sosial milik Kemenag dan TV Pool.



Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Baca juga: Dua Kali Ramadhan di Tengah Pandemi, Masyarakat Muslim Diminta Sabar

Sejumlah ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. Ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring. Kemudian, ada pula 29 duta besar negara sahabat yang diundang.

Karena masih pandemi, mekanisme peliputan Sidang Isbat awal Ramadan 1442 H ini dilakukan secara daring. Sejumlah medium sudah disiapkan, mulai dari aplikasi Zoom Meeting, YouTube, website Kemenag, TV Pool, hingga Radio Republik Indonesia (RRI). Dengan demikian tidak ada peliputan media di lokasi.

Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1442 H di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.
(maf)
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ نَسُوا اللّٰهَ فَاَنۡسٰٮهُمۡ اَنۡفُسَهُمۡ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan diri sendiri. Mereka itulah orang-orang fasik.

(QS. Al-Hasyr:19)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!