Imam Syafii Minum Air Zamzam dan Ini yang Terjadi

loading...
Imam Syafii Minum Air Zamzam dan Ini yang Terjadi
Sumur Zamzam/Ilustrasi/Foto/Okezone
Rasulullah SAW telah menunjukkan tentang berkah dan keutamaan air zamzam.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ يَقُوْلُ: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Dari Jabir berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zamzam itu tergantung niat orang yang meminumnya.” (HR Ibnu Majah 2/1018, Ahmad 3/357, al-Baihaqi dalam Sunan 5/148).

Baca juga: Insinyur Pemugar Sumur Suci Zamzam Wafat, Arab Saudi Berduka

Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi dalam artikelnya berjudul "Keajaiban Air Zamzam Digugat" menjelaskan hadis ini menunjukkan dengan jelas tentang khasiat air zamzam dan keutamaannya yang tidak dimiliki oleh air-air lainnya yaitu minum air zamzam tergantung pada niat peminumnya, baik untuk kebutuhan dunia ataupun akhirat. Maka barang siapa yang meminum air zamzam dengan niat yang tulus maka Allah akan mengabulkannya.



Menyadari akan hal itu, banyak sekali para ulama salaf yang minum air zamzam dengan menghadirkan beragam niat karena mereka tahu betul bahwa do’a saat minum air zamzam adalah mustajab sebagaimana dikabarkan oleh Nabi SAW. Dan telah banyak di antara mereka yang terkabulkan do’anya bahkan tak terhitung jumlahnya.

Al-Humaidi bercerita bahwa dirinya pernah berada di sisi Sufyan bin Uyainah, lalu beliau menceritakan kepada kami hadis:

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

‘Air zamzam tergantung keinginan seorang yang meminumnya.’

Tiba-tiba ada seorang lelaki bangkit dari majelis, kemudian kembali lagi seraya mengatakan, ‘Wahai Abu Muhammad, bukankah hadis yang engkau ceritakan kepada kami tadi tentang zamzam adalah hadis yang shahih?’

Jawab beliau, ‘Benar.’

Lelaki itu lalu berkata, ‘Baru saja aku meminum seember air zamzam dengan harapan engkau akan menceritakan kepadaku seratus hadis.’

Akhirnya, Sufyan berkata kepadanya, ‘Duduklah.’

Lelaki itu pun duduk dan Sufyan menceritakan seratus hadits kepadanya.” (lihat Al-Mujalasah Abu Bakar ad-Dinawari 2/343, Juz‘ Māa Zamzam Ibnu Hajar hlm. 271).

Baca juga: Subhanallah, Inilah Manfaat Meminum Air Zamzam dan Adab Meminumnya

Sufyan bin ‘Uyainah atau Ibnu Uyainah adalah seorang Imam Sunni dan ahli hadis di tanah haram Makkah. Julukan kunyah dia adalah “Abu Muhammad Al-Hilali Al-Kufi Al-Makki”. Nama lengkapnya adalah Sufyan bin Uyainah bin Abu Imran Maimun.

Kisah lainnya, telah masyhur dari Imam Syafi’i bahwa beliau minum air zamzam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran.

Dalam riwayat lain, beliau berkata, “Saya minum air zamzam untuk tiga hal: (1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, (2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, (3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak.”

Baca juga: Doa Istimewa Ketika Minum Air Zamzam

Al-Allamah Zhafar Ahmad at-Tahanuwi, salah seorang ulama India (1394 H) juga bercerita bahwa beliau minum air zamzam pada saat haji untuk kebaik-kebaikan dunianya yang kebanyakannya telah terwujudkan, salah satunya adalah agar beliau bisa fasih dalam mengajar dan berkhutbah karena lidahnya agak pelat, lalu beberapa saat setelah itu Allah memberikan kefasihan kepada beliau dalam khutbah dan mengajar.
(mhy)
cover top ayah
وَ ذَا النُّوۡنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنۡ لَّنۡ نَّـقۡدِرَ عَلَيۡهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنۡ لَّاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنۡتَ سُبۡحٰنَكَ ‌ۖ اِنِّىۡ كُنۡتُ مِنَ الظّٰلِمِيۡنَ‌
Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, ”Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim.”

(QS. Al-Anbiya:87)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!