Bersyukurlah! Ini 10 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW

loading...
Bersyukurlah! Ini 10 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW
Umat muslim di Kota Tarim Yaman memenuhi masjid saat melaksanakan sholat Tarawih berjamaah. Foto/Ist
Nikmat terbesar yang patut kita syukuri adalah ketika dipilih menjadi umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Berkat Rasulullah Nabi yang paling mulia, kita pun menjadi umat paling mulia di antara ummat-ummat lain.

Baca Juga: Berbahagialah! Ramadhan Khusus untuk Umat Nabi Muhammad

Bersyukurlah menjadi umat Nabi Muhammad karena Allah Ta'ala memberi banyak keistimewaan. Berikut 10 keistimewaan umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

1. Umat Nabi Muhammad SAW Adalah Umat Terbaik.
Sebagaimana terdapat dalam Surah Ali Imran, Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ



"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Ali Imran ayat 110)

2. Umat yang Pertama Masuk Surga.
Dalam Hadis Riwayat Imam Muslim disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Kita (Muhammad SAW dan umatnya) adalah umat yang terakhir, dan yang paling pertama pada hari kiamat, kami adalah orang yang pertama masuk surga."

3. Umat yang Tidak Sepakat dalam Kesesatan.
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan umatku (umat Nabi Muhammad) atas kesesatan." (HR. at-Tirmidzi)

4. Allah Memaafkan Umat Nabi Muhammad Dikala Lupa.
Dalam Hadits Riwayat Muslim disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku, apa yang terbersit di dalam hati, selama belum diucapkan maupun dilakukan." Kemudian di hadis lain, Beliau bersabda: "Dimaafkan untuk umatku akibat, tersalah (tak sengaja), terlupa dan terpaksa." (HR. Al Baihaqi)

5. Allah Memberi Umat Nabi Muhammad Pahala Dua Kali Lipat.
Sesungguhnya perumpamaan kalian dibandingkan orang-orang Yahudi dan Nasrani seperti seseorang yang memperkerjakan para pekerja yang dia berkata: "Siapa yang mau bekerja untukku hingga pertengahan siang dengan upah satu qirath, maka orang-orang Yahudi melaksanakannya dengan upah satu qirath per satu qirath. Lalu orang-orang Nashrani mengerjakannya dengan upah satu qirath per satu qirath. Kemudian kalian mengerjakan mulai dari shalat Ashar hingga terbenamnya matahari dengan upah dua qirath per dua qirath. Maka orang-orang Yahudi dan Nashrani marah seraya berkata: "Kami yang lebih banyak amal namun lebih sedikit upah!" Lalu orang itu berkata: "Apakah ada yang aku zalimi dari hak kalian?" Mereka menjawab: "Tidak ada". Orang itu berkata: "Itulah karunia dari-Ku yang Aku memberikannya kepada siapa yang aku kehendaki." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

6. Mendapat Syafaat Besar dari Nabi Muhammad.
Dalam Hadits Riwayat Ibnu Majah disebutkan bahwa, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Aku disuruh memilih antara setengah umatku akan dimasukkan ke surga dengan diberi syafa’at, maka aku memilih syafaat, karena sesungguhnya syafaat lebih mencakup dan lebih mencukupi, bagaimana pendapat kalian, apakah ia hanya diberikan kepada orang-orang yang bertakwa saja? Tidak, akan tetapi ia di berikan juga terhadap orang-orang yang berdosa dan orang-orang yang banyak kesalahan."

7. Umat Nabi Muhammad Dapat Memberi Syafa'at kepada Orang Lain.
Sebagaimana sabda Rasulullah: "Wahai Rabb kami, mereka selalu berpuasa bersama kami, sholat bersama kami, dan berhaji bersama kami." Maka dikatakan kepada mereka: "Keluarkanlah orang-orang yang kalian ketahui." Maka bentuk-bentuk mereka hitam kelam karena terpanggang api neraka, kemudian mereka mengeluarkan begitu banyak orang yang telah dimakan neraka sampai pada pertengahan betisnya dan sampai kedua lututnya. Kemudian mereka berkata: "Wahai Rabb kami tidak tersisa lagi seseorang pun yang telah engkau perintahkan kepada kami." (HR Muslim)

8. Umat Nabi Muhammad Masuk Surga dengan Wajah Bersinar.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari Kiamat dengan wajah berseri-seri karena bekas air wudhu." (HR. Al-Bukhari)

9. Umat Nabi Muhammad Tidak Mendapat Siksa pada Hari Kiamat.
Dari Abu Musa Al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلمbersabda: "Umatku ini umat yang disayangi, ia tidak disiksa pada hari kiamat. Siksaannya ada di dunia berupa fitnah, gempa dan pembunuhan." (HR Abu Dawud dan Al-Hakim)

10. Dari Umat Nabi Muhammad Akan Diutus Para Pembaharu.
"Sesungguhnya Allah membangkitkan bagi umat ini dalam awal setiap seratus tahun orang yang akan memperbaharui agama mereka." (HR. Abu Dawud)

Demikian keistimewaan umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Sepatutnya kita bersyukur kepada Allah karena menjadikan kita sebagai umat Beliau. Maka perbanyaklah Sholawat kepada beliau, teladani akhlaknya dan hidupkan sunnahnya. Semoga kelak kita dikumpulkan di Surga bersama beliau. Allahumma Aaamin.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 14 Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia Lain
(rhs)
cover top ayah
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏
Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

(QS. Al-Ahzab:56)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!