Menengok Tenda Masjid At-Tabayyun Kompleks TVM, Gelar Salat Jumat Perdana Jamaah Terlihat Khusyuk

loading...
Menengok Tenda Masjid At-Tabayyun Kompleks TVM, Gelar Salat Jumat Perdana Jamaah Terlihat Khusyuk
Tenda Masjid At-Tabayyun Kompleks Taman Villa Meruya (TVM), Meruya Selatan, Jakarta Barat, menggelar salat Jumat perdana hari ini. Foto: MNC Portal/Dimas Choirul
JAKARTA - Tenda Masjid At-Tabayyun Kompleks Taman Villa Meruya (TVM), Meruya Selatan, Jakarta Barat, menggelar salat Jumat perdana hari ini, setelah lahan seluas 1.078 meter persegi untuk pembangunan masjid itu diizinkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 12 April 2021 lalu.

Tenda ini sebagai pengganti sementara bangunan masjid yang belum terwujud. Pantauan MNC Portal di lokasi, para jamaah satu per satu berdatangan memenuhi lokasi salat Jumat hingga membuka shaf tambahan di luar tenda.

Baca juga: Ramadhan Ini, Masjid Pertama RI Berdiri di Kanada

Meski di dalam tenda, para jamaah terlihat tetap khusyuk menjalankan serangkaian rukun salat Jumat. Adapun daya tampung tenda itu yakni 100 jamaah.

Menengok Tenda Masjid At-Tabayyun Kompleks TVM, Gelar Salat Jumat Perdana Jamaah Terlihat Khusyuk




Namun, untuk mematuhi protokol kesehatan, Ketua Panitia Pembangunan Masjid At-Tabayyun, Marah Sakti Siregar, membatasi hanya maksimal 50% dari kapasitas yang ada.

Setiap hari sebelum digunakan ibadah, tenda itu disemprot disinfektan. Adapun jamaah diwanti-wanti panitia menggunakan masker, dan safnya mengambil jarak minimal 1,5 meter satu sama lain.

Selain salat jumat, beberapa warga juga menggunakan tenda itu untuk salat fardhu dan tarawih di bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Baca juga: Masjid Tertua di Bumi Majapahit, Tempat Para Kiai Menyusun Strategi Melawan Penjajah

"Tentu karena ini masih pandemi Covid-19 . Kita disini sangat memperketat protokol kesehatan (prokes)," kata Marah Sakti saat ditemui MNC Portal seusai salat Jumat.

Menengok Tenda Masjid At-Tabayyun Kompleks TVM, Gelar Salat Jumat Perdana Jamaah Terlihat Khusyuk


Untuk kumandang adzan, Marah mengatkan pantia pembangunan masjid masih memakai pengeras suara dari dalam. Hal itu untuk menghormati para warga non muslim yang berada di sekeliling lahan masjid.

Sementara itu, seorang warga setempat bernama Vandi, mengaku sangat senang melihat adanya pembangunan masjid di lingkungan kompleksnya. Hal ini ia syukuri setelah menunggu penantian panjang selama 25 tahun.

"Ya Alhamdulillah mas, sekarang sudah ada tempat ibadah umat muslim di TVM," ujarnya kepada MNC Portal di lokasi.

Ia berharap pembangunan Masjid At-Tabayyun cepat selesai agar para jamaah muslim kompleks nyaman beribadah. Terlebih membuat kegiatan-kegiatan keislaman lainnya.

"Ke depannya semoga masjid ini banyak kegiatan-kegiatan untuk merekatkan masyarakat," pungkasnya.
(thm)
cover top ayah
اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ فِى الدَّرۡكِ الۡاَسۡفَلِ مِنَ النَّارِ‌ ۚ وَلَنۡ تَجِدَ لَهُمۡ نَصِيۡرًا
Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.

(QS. An-Nisa:145)
cover bottom ayah
preload video