Taman, Karpet, Lengkungan dan Menara Gereja Meniru Arsitektur Dunia Islam

loading...
Taman, Karpet, Lengkungan dan Menara Gereja Meniru Arsitektur Dunia Islam
Lengkungan di katedral, menara gereja dalam arsitektur Kristen juga dapat dilihat di banyak mesjid. (Foto:encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/)
Ehsan Masood dalam bukunya berjudul Ïlmuwan-Ilmuwan Muslim , Pelopor Hebat di Bidang Sains Modern" (2009) menulis banyak kenikmatan yang kita dapatkan sehari-harinya ditemukan di dunia Islam tetapi sejarahnya tidak diketahui banyak orang. Menurutnya, taman, karpet, sampai lengkungan dan menara gereja dipengaruhi arsitek dunia Islam.

Baca juga: Tradisi Minum Kopi: Inovasi Dunia Islam untuk Umat Manusia

Kita menilai taman sebagai tempat beristirahat dan bukan tempat untuk menanam sayuran atau tanaman bumbu. "Taman berasal dari Persia," ujarnya.

Ahli sejarah A.M. Watson di dalam bukunya Agricultural Innovation in the Early Islamic World juga menyatakan sejak awal, Muslim di mana saja membuat taman yang memberikan bayangan tentang taman surgawi di masa yang akan datang.

"Daftar kota-kota Islam yang memiliki taman-taman yang besar memang sangat panjang," tuturnya.

Toledo di zaman Islam memiliki taman botani terbesar pertama di Eropa di abad ke-11. Banyak bunga tradisional yang menghiasi taman-taman di Inggris sudah ada di dunia Islam—bunga tulip, anyelir, iris, dan tentu saja bunga khas Inggris yaitu mawar.

Begitu pula berbagai macam hiasan yang didapatkan dalam sebuah taman seperti air mancur dan pergola, rumah kaca dan panggung, belum lagi labirin dan penghalang sinar matahari.

"Mari kita bergerak ke dalam rumah dan Anda mungkin akan berjalan menyeberangi karpet untuk bermain catur," ujar Ehsan Masood.

Keduanya juga telah digunakan dalam dunia Islam awal. Karpet dari dunia Islam telah diimpor sebagai barang mewah selama berabad-abad, lama sebelum Revolusi Industri di abad ke-18 menjadikan pembuatan karpet jadi lebih murah di Eropa.

Baca juga: Musik Haram? Bahkan Notasi Musik Itu Hasil Temuan Ilmuwan Muslim
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَا تُعۡجِبۡكَ اَمۡوَالُهُمۡ وَاَوۡلَادُهُمۡ‌ؕ اِنَّمَا يُرِيۡدُ اللّٰهُ اَنۡ يُّعَذِّبَهُمۡ بِهَا فِى الدُّنۡيَا وَتَزۡهَقَ اَنۡفُسُهُمۡ وَهُمۡ كٰفِرُوۡنَ‏
Dan janganlah engkau (Muhammad) kagum terhadap harta dan anak-anak mereka. Sesungguhnya dengan itu Allah hendak menyiksa mereka di dunia dan agar nyawa mereka melayang, sedang mereka dalam keadaan kafir.

(QS. At-Taubah:85)
cover bottom ayah
preload video