Kisah Fatwa Abu Hurairah dan Wanita Pezina

loading...
Kisah Fatwa Abu Hurairah dan Wanita Pezina
Allah Maha Pengampun dan Maha Penerima taubat manusia, asal bertaubatnya dengan sungguh sungguh, seorang wanita pezina pun akan diampuni dosa-dosanya. Foto ilustrasi/ist
Abu Hurairah radhiyallahu'anhu adalah sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang paling banyak meriwayatkan hadis. Sebutan Abu Hurairah karena ia dikenal sangat menyukai kucing. Hurairah artinya kucing kecil . Siapa nama aslinya, para sejarawan berbeda pendapat , tapi yang paling banyak dikatakan namanya adalah Abdurrahman bin Shakhra al-Dausi.

Baca juga: Surga Ar-Rayyan Balasan Bagi yang Berpuasa Ramadhan

Ada sebuah kisah tentang Abu Hurairah ini yang disampaikan Ibnu Qudamah al-Muqadasi. Ia menceritakan sebuah kisah yang ia baca dari kitab 'Tanbihul Ghafilin' karya Abu Laits As Samarqandi, bahwa suatu ketika ada seorang perempuan yang ingin bertaubat mendatangi Abu Hurairah untuk meminta fatwa.

Dikisahkan, pada suatu malam setelah shalat Isya bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Abu Hurairah melihat ada seorang perempuan bercadar yang berdiri di jalan. Perempuan itu berkata, “Wahai Abu Hurairah, sungguh aku telah berbuat dosa besar. Apakah aku bisa bertaubat?”

Baca juga: 14 Macam Bahaya Lisan yang Tidak Dijaga

“Apa dosamu?”tanyanya, “Aku telah berzina,” jawab perempuan itu.

“Celakalah kamu, celakalah kamu. Demi Allah kamu tidak berhak bertaubat,” ujar Abu Hurairah.

Mendengar itu, perempuan tersebut menjerit dengan keras hingga jatuh pingsan. Kemudian Abu Hurairah berlalu dari tempat itu.

Namun kemudian Abu Hurairah berkata dalam dirinya, “Apakah layak aku berfatwa sedangkan Rasulullah SAW ada di antara kami?”

Baca juga: Waspadai, 10 Amalan yang Sia-Sia
halaman ke-1
cover top ayah
يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ
Allah menghapuskan keberkahan riba dan menyuburkan keberkahan sedekah. Allah tidak menyukai orang-orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

(QS. Al-Baqarah:276)
cover bottom ayah
preload video