Inilah Minuman Favorit Rasulullah, Cocok Dikonsumsi di Bulan Ramadhan

loading...
Inilah Minuman Favorit Rasulullah, Cocok Dikonsumsi di Bulan Ramadhan
Air Nabez adalah air rendaman kurma yang disukai Rasulullah SAW. Air Nabeez ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Foto/Ist
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah teladan terbaik dalam semua aspek. Beliau patut dicontoh dalam urusan makan dan minum sebab apa yang dikonsumsi beliau adalah hidangan paling berkah dan sehat.

Berikut penuturan Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu 'anha tentang minuman kesukaan Rasulullah.

كَانَ أَحَبُّ الشَّرَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحُلْوَ الْبَارِدَ

"Minuman yang paling disukai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ialah yang dingin dan manis." (HR Ahmad, At-Tirmidzi, Disahihkan oleh Al-Hakim)

Air dingin yang dimaksud dalam hadis ini adalah air yang telah didinginkan semalam oleh hawa atau udara yang kemudian dalam Kitab At-Tabikh karya Ibnu Sayyar dengan Ma' Mubarad bil Hawa.



Minuman favorit (kesukaan) Rasulullah ini disebut dengan Nabidz atau Naqi' atau Air Nabeez. Apa itu Nabidz atau air Nabeez? Air Nabeez adalah minuman dari campuran air putih dan buah kurma yang telah direndam. Air Nabeez merupakan air rendaman kurma dan biasanya minuman ini menjadi sajian ketika diadakannya pesta pernikahan.

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Abu Usaid As Sa'idi pernah mengundang Nabi di hari pernikahannya, sementara istri Abu Usaid juga lah yang melayani mereka (para undangan) padahal ia sebagai pengantin (mempelai wanita). Istri Abu Usaid berkata: "Apakah kalian mengetahui apa yang aku tuangkan kepada Rasulullah?" "Aku tuangkan kepada beliau (minuman) dari rendaman kurma semalam di dalam kuali." (HR Al-Bukhari)

Baca Juga: Ini Jenis Kurma yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadhan

Minuman yang Cocok di Bulan Ramadhan
Inilah Minuman Favorit Rasulullah, Cocok Dikonsumsi di Bulan Ramadhan

Umat muslim dapat menjadikan air Nabeez sebagai infused energi saat puasa. Minuman air Nabeez ini adalah minuman kegemaran Rasulullah yang jika diminum meraih pahala sunnah dan khasiat yang banyak.

9 Khasiat Air Nabeez:
1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
2. Menghapus kadar keasaman pada lambung
3. Membersihkan sisa metabolisme dari tubuh
4. Melancarkan fungsi pencernaan
5. Menambah daya ingat
6. Memperbaiki masalah limpa, hati, asam urat.
7. Meningkatkan energi
8. Mengontrol gula darah
9. Menurunkan kolesterol jahat sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Cara Membuat Air Nabeez?
Cara membuat air Nabeez cukup mudah hanya dengan merendam beberapa
butir kurma dengan segelas air minum. Ikuti sunnah Nabi, ambil bilangan ganjil 3/5/7 butir kurma.

Nah, air rendaman Nabeez ini diminum setelah 10-12 jam kemudian. Air rendaman kurma Nabeez dibuat waktu sahur untuk diminum saat buka puasa. Bila untuk sahur dibuat saat berbuka puasa.

Perlu diingat, bahwa air Nabeez ini tidak boleh dibiarkan lebih dari 2-3 hari. Karena dapat menyebabkan fermentasi dan tidak boleh lagi dikonsumsi.

Apabila fermentasi berlangsung maka inilah awal terbentuknya alkoholdan hukumnya menjadi haram. Sebaiknya daily fresh (segar tiap hari) saja bila membuat air Nabeez. Kurma yang direndam bisa langsung dimakan setelah airnya diminum. Kurma terasa lebih nikmat dan lembut. Semoga manfaat.

Baca Juga: Makanan Paling Afdhol Saat Berbuka Puasa, Ini Khasiatnya
(rhs)
cover top ayah
وَلَا تَتَمَنَّوۡا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعۡضَكُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ‌ ؕ لِلرِّجَالِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبُوۡا ؕ‌ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبۡنَ‌ ؕ وَسۡئَـلُوا اللّٰهَ مِنۡ فَضۡلِهٖ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا
Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. An-Nisa:32)
cover bottom ayah
preload video