Isu Palestina, Hentikan Mengemis! Saatnya Dunia Islam Bersatu

Selasa, 18 Mei 2021 - 09:18 WIB
loading...
A A A
Kedua, dunia Islam dan umat secara keseluruhan harus menyatukan suara menentang kesemena-menaan Israel terhadap bangsa Palestina. Sikap ini tidak saja dengan statemen basa basi yang diucapkan bagaikan nyanyian rutin dari masa ke masa. Tapi harus ada kebijakan menyeluruh dan menyatu dari dunia Islam.

Satu di antaranya adalah mengunci rapat semua pintu bagi Israel untuk melakukan penetrasi ke dunia Islam. Tentu ini termasuk penetrasi politi, ekonomi dan lain-lain.

Yang jadi masalah kita lihat ada negara yang ikut mengecam serangan Israel ke Gaza. Tapi di balik layar berjabat tangan dan membuka pintu lebar bagi Israel ke negaranya. Selain membuka hubungan diplomasi, juga menjadi pasar yang subur bagi produk-produk Israel. Bahkan mereka melakukan kerjasama dengan Israel di bidang pertahanan dan keamanan.

Semua ini merupakan bentuk kemunafikan yang harus dihentikan oleh dunia Islam. Seruan boikot produk Israel dari sebagian anggota Umat hanya jadi "tertawaan musiman" jika tidak dibarengi oleh kebijakan publik. Tapi memang itulah realita Umat. Kerap jadi obyek emosi sesaat atau musiman yang kemudian berlalu ditelan perputaran waktu.

Akhirnya saya juga ingin mengatakan bahwa kami masyarakat Muslim di Amerika tentu menjadi bagian dari sistem Amerika. Bagi kami, ada dua sayap yang harus kami jaga. Sayap domestik kami. Bahwa kami punya kepentingan domestik di Amerika. Masa depan Dakwah Islam masih panjang.

Karenanya dalam menyikapi semua hiruk pikuk global, termasuk isu Palestina, kami selalu imbang di antara dua saya itu. Sayap domestik dan sayap global. Jangan sampai perhatian ke isu-isu global mengorbankan kepentingan domestik dan masa depan Dakwah di Amerika dan dunia Barat.

Semoga Allah ridho dan menolong kita semua. Aamin!
New York, 17 Mei 2021

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)