6 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad yang Patut Disyukuri

Jum'at, 28 Mei 2021 - 05:00 WIB
loading...
6 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad yang Patut Disyukuri
Umat terbaik di dunia adalah mereka yang mengajak kebaikan, mencegah kemungkaran dan senantiasa beriman kepada Allah. Foto ilustrasi sholat Id/Ist
A A A
Beruntunglah menjadi umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam karena memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki umat lain di dunia. Allah Ta'ala memuji umat Nabi Muhammad sebagai umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia.

Berikut firman-Nya diabadikan dalam Al-Qur'an yang mulia:

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS Ali Imran: 110)

Baca Juga: 10 Keistimewaan Rasulullah SAW yang Perlu Kamu Ketahui

Syekh Muhammad bin Shalih asy-Syawi dalam Tafsir An-Nafahat Al-Makkiyah menjelaskan, keutamaan yang diberikan Allah kepada umat Rasulullah SAW adalah menjadikan mereka istimewa dan unggul di atas seluruh umat. Mereka adalah sebaik-baik manusia untuk manusia.

Umat Nabi Muhammad memiliki cinta kepada kebaikan, dakwah, pengajaran, dan perintah kepada kebaikan dan larangan dari kemungkaran. Mereka menyatukan kesempurnaan akhlak dalam memberikan manfaat kepada seluruh manusia.

Dalam tafsir Kemenag dijelaskan, umat yang paling baik di dunia adalah umat yang mempunyai dua macam sifat, yaitu mengajak kebaikan serta mencegah kemungkaran, dan senantiasa beriman kepada Allah. Semua sifat itu dimiliki oleh kaum Muslimin pada masa Nabi dan telah mendarah daging dalam diri mereka sehingga mereka menjadi kuat dan berjaya.

Tak heran dalam waktu singkat mereka menjadikan seluruh tanah Arab tunduk di bawah naungan Islam, hidup aman dan tenteram di bawah panji-panji keadilan, padahal mereka sebelumnya adalah umat yang berpecah-belah.

Secara fisik memang umat Nabi Muhammad terlihat lemah, berbadan kecil, hidup seadanya. Tetapi kondisi ini justru membuat mereka mulia di sisi Allah. Inilah keistimewaan umat Muslim yang wajib kita syukuri.

Allah‎ memuliakan umat Nabi Muhammad dengan 6 perkara:
1. Allah menjadikan mereka lemah sehingga mereka tidak sombong.
2. Allah menjadikan mereka berbadan kecil sehingga nafkah mereka tidak berat.
3. Allah menjadikan mereka berumur pendek sehingga dosa mereka sedikit.
4. Allah menjadikan mereka miskin sehingga hisab mereka ringan di Hari Kiamat.
5. Allah menjadikan mereka umat akhir zaman sehingga tempo mereka tinggal di alam kubur tidak lama.
6. Allah menjadikan mereka umat terakhir sehingga kesalahan yang mereka lakukan tidak diejek-ejek oleh umat lain.

Selain 6 keistimewaan di atas, Allah juga memuliakan umat Nabi Muhammad dengan hal-hal berikut:
1. Umat yang pertama masuk Surga. (HR Muslim)
2. Allah memaafkan mereka dikala terlupa atau tersalah (tak sengaja). (HR Al-Baihaqi)
3. Diberi pahala 2 kali lipat atau lebih (HR Al-Bukhari, Muslim)
4. Mendapat syafaat 'uzhma (agung) dari Nabi Muhammad. (HR Ibnu Majah)
5. Dapat memberi syafa'at kepada orang lain atas izin Allah. (HR Muslim)
6. Memiliki wajah berseri-seri di Hari Kiamat karena bekas air wudhunya. (HR Al-Bukhari)

Demikian kemuliaan umat Nabi Muhammad yang wajib kita syukuri. Dalam Al-Qur'an, Allah mengingatkan kaum mukmin: "...Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya. Dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim." (QS Ali Imran: 102)

Sebagai wujud syukur atas dipilihnya kita sebagai umat Nabi Muhammad, maka sepatutnya pula kita memperbanyak sholawat kepada Nabi, meneladani akhlak beliau dan menghidupkan sunnahnya. Semoga kita tergolong orang-orang yang beruntung.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)