Surat Al-Qur'an untuk Mendapatkan Keturunan Anak Laki-laki

loading...
Surat Al-Quran untuk Mendapatkan Keturunan Anak Laki-laki
Banyak ayat dalam Al-Quran yang dapat kita amalkan, salah satunya ketika menginginkan mendapat keturunan anak laki-laki. Foto ilustrasi/ist
Surat Al-Qur'an untuk mendapatkan keturunan anak laki-laki , salah satunya terdapat di surat Asy Syura, yakni ayat ke 49 dan 50. Dua ayat ini, menegaskan bahwa Allahmenciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan kepada siapa yang Dia kehendaki, termasuk tentang keturunan atau anak yang diinginkan oleh hamba-Nya yang meminta.

Baca juga: Semua Anak Terlahir Cerdas dan Qurrota a’yun Orang Tua

Allah ta'ala berfirman :

لِّـلَّـهِ مُلۡكُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ ‌ؕ يَخۡلُقُ مَا يَشَآءُ‌ ؕ يَهَبُ لِمَنۡ يَّشَآءُ اِنَاثًا وَّيَهَبُ لِمَنۡ يَّشَآءُ الذُّكُوۡرَ

Lillaahi mulkus samaawaati wal ard; yakhluqu maa yashaaa'; yahabu limai yashaaa'u inaasanw wa yahabu limai yashaaa'uz zukuur

"Milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki" (QS Asy Syura : 49)

Baca juga: Hubbud Dunya, Sikap Umat Islam di Akhir Zaman yang Dikhawatirkan Rasulullah

اَوۡ يُزَوِّجُهُمۡ ذُكۡرَانًا وَّاِنَاثًا‌ ۚ وَيَجۡعَلُ مَنۡ يَّشَآءُ عَقِيۡمًا‌ؕ اِنَّهٗ عَلِيۡمٌ قَدِيۡرٌ

Aw yuzawwijuhum zukraananw wa inaasanw wa yaj'alu mai yashaaa'u 'aqiimaa; innahuu 'Aliimun Qadiir

"atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Mahakuasa." (QS Asy Syura : 5)

Baca juga: Catatan Kecil Tentang Cinta, Untukmu Muslimah!

Kenapa surat Asy Syura? Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin pernah ditanya : Ada seorang lelaki yang belum dikaruniai anak. Ia sempat mengalami tekanan jiwa , namun tidak tahu apakah istrinya juga terkena beban pikiran atau tidak. Ia menghadapi sindiran dan celaan dari masyarakat sekitar, karena keterlambatan mendapatkan anak. Mereka anggap hal itu sebagai aib (kekurangan).

Kemudian Syaikh al Utsaminin menjawabnya dengan membaca surat Asy-Syura ayat 49-50 di atas. Kemudian beliau menjelaskan, Allah Maha Mengetahui lagi Mahakuasa dan Dialah yang menciptakan dan menentukan apa yang Dia kehendaki. (kitab Fatawa Ath-thiflul Muslim)

Baca juga: Video Rontgen Alien Dilelang dengan Harga Tak Masuk Akal

Dalam ayat di atas, Allah memaparkan empat golongan manusia ditinjau dari sisi keturunan yang dikaruniakan kepada mereka.
1. Allah mengaruniakan anak perempuan saja.
2. Allah mengaruniakan anak laki-laki saja
3. Allah mengaruniakan anak laki-laki dan perempuan
4. Allah menjadikan seseorang mandul, tidak beranak.

Baca juga: Satgas Pangan Polda Jatim Turun Cek Harga Kedelai, Ada Apa?

Sedangkan Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menjelaskan ayat Asy-Syura Ayat 49 sebagai berikut; Allah memberitakan bahwa Dia adalah Pencipta, Pemilik dan Pengatur langit dan bumi, serta seisinya. Apa saja yang dikehendaki-Nya, pasti terjadi dan apa yang tidak dikehendakinya pasti tidak terjadi. Dia memberi kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan mencegah siapa yang dikehendakinya.

Tidak ada yang mampu mencegah apa yang diberikan-Nya dan tidak ada yang mampu memberikan apa yang dicegah-Nya, dan Dia menciptakan apa saja yang dikehendaki-Nya.

Baca juga: Menantu Habib Rizieq Shihab Dituntut 2 Tahun Penjara Terkait Perkara RS Ummi Bogor

يَهَبُ لِمَن يَشَآءُ إِنَٰثًا

(“Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki.”) yaitu, Dia dapat memberikan kepadanya rezeki anak perempuan saja.
halaman ke-1
preload video