Sebaik-baik Laki-laki dan Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Kamis, 03 Juni 2021 - 05:00 WIB
loading...
Sebaik-baik Laki-laki dan Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW
Salah satu karakter laki-laki terbaik adalah mereka yang mengerjakan sholat malam dan air mata membasahi pipi mereka saat rukuk dan sujud. Foto/dok hidayatullah
A A A
Menjadi manusia terbaik ternyata tidak harus memiliki harta berlimpah atau popularitas di dunia. Seseorang cukup menjalankan apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan tanda manusia terbaik dalam banyak riwayat hadis. Adapun sebaik-baik laki-laki dapat dikenali dari dua perkara berikut.



Dalam satu kajian, Al-Habib Quraisy Baharun menyebutkan karakter laki-laki terbaik adalah mereka yang mengerjakan sholat malam dan air mata membasahi pipi mereka saat rukuk dan sujud.

Dalam satu hadis dari Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

نِعْمَ الرَّجلُ عبدُ اللهِ لَو كانَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ

"Sebaik-baik laki-laki adalah Abdullah, apabila dia rajin pada sholat malam." (HR Al-Bukhari No 1122 dan Muslim No 2479)

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: Implikasi dari hadits ini, bahwasanya orang yang terbiasa sholat malam mendapatkan predikat sebaik-baik laki-laki." (Fathul Baari III/10)

Tsaabit Al-Bunaani berkata:

لاَ يُسَمَّى عَابِدُ أَبَدًا عَابِدًا، وَإِنْ كَانَ فِيْهِ كُلُّ خَصْلَةِ خَيْرٍ، حَتَّى تَكُوْنَ فِيْهِ هَاتَانِ الْخَصْلَتَانِ : الصَّوْمُ وَالصَّلاَةُ، لِأَنَّهُمَا مِنْ لَحْمِهِ وَدَمِهِ

"Seorang hamba tidaklah ia dinamakan ahli ibadah walaupun padanya terdapat semua perangai (sifat) yang baik, sampai terdapat padanya dua perkara, yaitu Puasa dan juga Sholat. Karena kedua hal itu adalah darah dagingnya." (Hilyatul Auliyaa' II/318-319)

Manusia Terbaik Menurut Nabi
Siapakah sebaik-baik manusia? Kalau merujuk Al-Qur'an, kita mendapati satu firman Allah yang cukup populer: "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah..." (QS Ali Imran: 110)

Adapaun, ciri-ciri manusia terbaik dalam pandangan Rasulullah SAW dapat diketahui dari Hadis-hadis berikut.

1. Yang Terbaik Sikap Terhadap Istri dan Keluarganya
Sebaik-baik laki-laki adalah yang terbaik sikapnya kepada istri dan keluarganya. Berikut sabda beliau:

خيركم خيركم لأهله، وأنا خيركم لأهلي

"Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik sikapnya terhadap keluarga. Dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku." (HR Ibnu Majah)

2. Orang yang Mempelajari Al-Qur'an dan Mengajarkannya

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Al-Bukhari No 5027)

3. Yang Paling Baik Akhlaknya
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)