Kumpulan Artikel: Nasehat Rasulullah

  • Mau Tahu Manusia Paling Buruk di Dunia? Inilah Jawaban Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 15 November 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, menikah atau pernikahan merupakan penyempurna dari separuh agamanya. Namun, ada satu perbuatan yang membuat suami istri menjadi manusia paling buruk. Siapa dia?
  • Inilah 3 Nasihat Utama Rasulullah SAW kepada Para Suami untuk Istrinya
    Muslimah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:35 WIB
    Banyak nasihat Baginda Nabi SAW kepada para lelaki atau par suami bagaimana ia harus memperlakukan kaum wanita khususnya istri-istri mereka.
  • Begini Panduan Rasulullah Saat Bermimpi Baik atau Mimpi Buruk
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 16:30 WIB
    Mimpi dialami semua manusia, dari anak kecil hingga orang tua. Dalam Islam, tidak boleh sembarangan menakwilkan mimpi. Tidak boleh asal menerka makna sebuah mimpi.
  • Peringatan Rasulullah SAW untuk Pemimpin dan Aparat Penegak Hukum
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 22:37 WIB
    Islam adalah agama yang menekankan keadilan agar tercipta kemaslahatan umat. Berikut peringatan Rasulullah SAW untuk para pemimpin dan penegak hukum.
  • Sedihnya Amalan Segunung Tapi Bangkrut di Hari Kiamat, Ini Sebabnya
    Tausyiah
    Kamis, 08 September 2022 - 17:23 WIB
    Betapa menyedihkan amalan segunung yang begitu banyak semuanya hilang saat dihisab pada Hari Kiamat. Nabi menggambarkan orang yang bangkrut ini dalam Hadis beliau.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • 3 Golongan yang Celaka pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:10 WIB
    Semua orang tentu ingin bahagia di dunia dan akhirat. Rasulullah shollallohu alaihi wasallam mengingatkan kita tentang tiga golongan orang yang celaka.
  • 3 Golongan yang Tidak Diajak Bicara oleh Allah pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Dalam satu Hadis disebutkan bahwa ada tiga golongan manusia yang tidak dipandang pada hari Kiamat alias tidak diajak bicara oleh Allah Azza wa Jalla.
  • Kisah Curhat Pemuda pada Rasulullah yang Tengah Dilanda jatuh Cinta
    Hikmah
    Selasa, 10 Mei 2022 - 15:10 WIB
    Kisah pemuda yang curhat kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam tentang keinginannya akan seorang wanita ini, bisa menjadi solusi terbaik, agar pemuda pemudi saat ini tidak terjebak pada arus zaman yang penuh denngan kemaksiatan.
  • 5 Nasihat Nabi Mengawali Kehidupan di Tahun Baru Menjadi Lebih Baik
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 20:10 WIB
    Mengawali kehidupan di tahun baru, ada baiknya kita simak nasihat Nabi yang berharga ini. Berikut pesan Rasulullah yang layak kita jadikan motivasi.
  • Sebaik-baik Laki-laki dan Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Siapakah sebaik-baik laki-laki dan manusia terbaik? Rasulullah SAW menjelaskan ciri manusia terbaik dalam banyak riwayat hadis. Berikut pesan beliau.
  • Mengingat Maut dan Alam Kubur
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 10:54 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu menasehati para sahabatnya. Salah satu nasehat beliau adalah tentang siksa kubur dan alam kubur, yang senantiasa mengingatkan bahwa sifat takut karena Allah adalah sesuatu yang sangat penting.
  • Pesan Rasulullah Ketika Fitnah Bertebaran
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 23:10 WIB
    Sejak 14 abad lalu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah mengabarkan akan munculnya masa di mana fitnah dan keburukan terjadi di akhir zaman.
  • Ketika Rasulullah Ditanya Mukmin Mana Paling Cerdas? Ini Jawaban Beliau
    Tausyiah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 16:54 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengingatkan sebuah episode kehidupan yang memberi banyak pelajaran kepada kita semua, mulai dari bagaimana kematian akan menghampiri manusia di manapun.
  • Berlaku Adillah! Ini Pesan Rasulullah SAW kepada Penegak Hukum
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.